Proses Perintisan Usaha Ikan Hias Bisnis Rumahan dengan Modal Kecil Tahun 2020

Proses Perintisan Usaha Ikan Hias Bisnis Rumahan dengan Modal Kecil Tahun 2020

Era yang serba digitalisasi ini memang banyak sekali manfaatnya bila kita mampu menggunakannya dengan bijak. Salah satunya yaitu mencari ide usaha rumahan dengan modal kecil tapi hasilnya maksimal. Dalam tulisan ini murni pengalaman saya pribadi. So, pastinya tidak ada manipulasi sedikitpun dalam tulisan ini.

Muculnya Ide Usaha Rumahan

Perjalan mencari ide usaha di tahun 2020 yang cocok dengan passion saya tidaklah mudah. Mula-mula saya mencari referensi redaksi dari berbagai portal internet. Saking banyaknya opsi yang disediakan dalam berbagai artikel, justru membuat saya bingung mana yang harus saya pilih. Misalnya, jadi reseller, blogger, youtuber, desain grafis, freelancer, dan sebagainya. Memang semua itu bilamana di tlateni mampu mendatangkan pundi-pundi rupiah, tapi butuh kesabaran tinggi untuk membranding diri kita agar bisa dikenal banyak orang.

Hari demi hari belum ketemu juga bisnis apa yang harus saya jalani. Akhirnya saya keliling daerah Kediri dan Jombang untuk menimba ilmu tentang perikanan. Memilih bisnis perikanan bukan semata-mata prospeknya bagus, melainkan memang berlandaskan hobi saya juga sih.

Berapa Modal yang Dibutuhkan?

Ketika saya keliling berkenalan dengan petani ikan, semuanya menyambut baik kedatangan saya dengan niat untuk berguru dari pengalaman mereka. Dari beberapa pituah yang diberikan, ada yang sangat membekas pada sanubari saya. Yakni ‘Bisnis itu tidak ada yang instan, Kalau merintis langsung gagal dan menyerah, mendingan kamu jangan jadi pebisnis, mentalmu lemah‘.

Berdasarkan kata-kata mutiara tersebut, justru menambah kesemangatan saya untuk mengikuti jejaknya. Nah, disaat saya bilang bahwa ‘Saya ingin menjalankan bisnis sebagai penghasilan sampingan‘. Langsung dipotong oleh para pelaku bisnis ‘Kok gaya banget kamu? Bisnis itu harus sungguh-sungguh. Bisnis itu bukan main-main karena hasilnya jauh melebihi gajinya pegawai‘.

Saya langsung terdiam dan menganggu-anggukkan kepala saya. Lantas karena saya sudah tidak sabar, saya langsung bertanya ‘Berapa sih modal yang digunakan untuk menjalankan bisnis ini?‘. Jawab beliau ‘1 M‘. Lah dalah, pelan-pelan saya langsung telen ludah. Ternyata beliau ngomong bahwa bisnis bukan main-main itu ada dasarnya. Hehe.

Karena saya belum pernah menjalankan bisnis, saya kira menjalankan bisnis itu semudah yang dikatakan banyak orang di internet. Setelah menyelami secara langsung, ternyata jauh berbeda dengan yang dipamerkan orang-orang di internet. Karena mereka yang besar omongannya, dibayar berdasarkan omongannya. Banyak orang yang tertarik, akhirnya ditawari jadi member yang bayar keanggotaan untuk dibimbing sampai sukses. Nyatanya? NOL BESAR.

Saya sudah kenyang dengan konsep bisnis yang seperti itu. Sangat merugikan orang lain. Hanya iming-iming yang ditonjolkan, actionnya zonk. Oke, saya tidak akan membahas bisnis yang begituan. kembali lagi pada bisnis yang saya lakukan saat ini.

Dari beberapa orang yang saya temui, akhirnya ketemu juga orang yang merekomendasikan saya untuk melakukan bisnis rumahan yaitu ‘Budidaya Ikan Hias‘. Modalnya kecil, perputaran uang juga cepat. Hitung-hitungannya begini : Buat 3 kolam habis 2 Jt. Beli benih ikan pertama kali 10 ribu biji @Rp. 65,- jadi totalnya harga bibit Rp. 650.000,-. Dalam kurun waktu 6 minggu sudah mulai panen @Rp 500,- dikalikan 8 ribu = Rp. 4.000.000,- sudah balik modal juga untung 100%. 8000 biji karena saya asumsikan tingkat kematian ikan 20% untuk pemula. Kalau sudah pro, tingkat kematian ikan bisa ditekan seminimal mungkin.

Gimana nih dengan ide bisnis rumahan tahun 2020 yang saya lakukan? Tertarik? Yuk belajar bersama. Bisa komentar dibawah atau kontak saya melalui nomor HP & email yang udah tertera di blog ini. Nantikan tulisan terkait bisnis saya lebih detail pada tulisan berikutnya ya. Terima kasih telah berkunjung, salam sukses pebisnis muda.

Avatar

Yoyok Damay

Seorang penulis yang berbagi sedikit pengalaman hidup agar bermanfaat bagi orang lain. Pecinta Otomotif, Software, Anime, dan Ikan Hias.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Woy, Ojo Nyolong !!