3 Penyebab Mesin Mobil Tiba-tiba Mati Mendadak + Solusinya

3 Penyebab Mesin Mobil Tiba-tiba Mati Mendadak + Solusinya

Ada pelanggan yang sering mengeluhkan “Kok tiba-tiba mesin sering mati tiap jalan 2 Km kenapa ya?” Okelah, barang kami terima dan dilakukan pengecekan + perbaikannya.

Itu asal usul munculnya tulisan ini sob. Akan tetapi bahasan dibawah nanti tidak secara spesifik khusus 1 kendaraan, melainkan kombinasi dari berbagai kendaraan yang pernah ditangani dengan keluhan masalah yang sama.

Penyebab Mesin Sering Mati Mendadak

1. Switch Pembunuh Electric – Pneumatic Bocor

Kendaraan bermesin diesel yang sudah menggunakan kendali kontrol pembunuh electric serta perangkat pneumatic memang lebih efektif dan efisien dalam penggunaannya. Pembunuh electric dan pneumatic berfungsi untuk mematikan mesin.

Jika terjadi kebocoran switch antara pembunuh electric dan pneumatic maka akan menyebabkan udara masuk menerobos sistem, sehingga mengakibatkan pneumatic lepas kendali mematikan mesin dengan sendirinya.

2. Coil Mobil Panas

Coil berfungsi untuk merubah tegangan aki 12 V menjadi tegangan tinggi 25 kV sehingga busi mampu untuk memercikkan bunga api. Apabila percikan bunga api tersendat-sendat, maka akibatnya mesin sering mati mendadak.

Coil bisa panas karena beberapa komponennya bermasalah serta penyebab coil mudah panas ada berbagai kemungkinan. Silahkan pelajari artikel sebelumnya terlebih dahulu.

Baca Juga :

3. Filter Bahan Bakar Kotor

Pembakaran bisa terjadi apabila tiga syaratnya sudah terpenuhi, yakni : api, bahan bakar, dan udara. Apabila api sudah oke, udara juga oke, tapi bahan bakarnya tersumbat atau alirannya terganggu dikarenakan filternya kotor, maka juga akan mengakibatkan mesin tiba-tiba mati.

Solusi / Cara Mengatasi Mesin Tiba-tiba Mati

Itulah hal yang sering terjadi ketika mesin sering mati tiap jalan 2 – 5 Km sekali. Meski demikian jangan hanya mengecek pada komponen diatas aja, melainkan pemeriksaannya harus tuntas pada seluruh komponen. Berikut kami beri tips solusi / cara mengatasi bilamana mesin sering mati mendadak :

  • Lakukan pengecekan rpm kendaraan. Umumnya kendaraan roda 4 rpm standard putaran terendahnya adalah 600 – 700 rpm.
  • Periksa kebocoran switch pembunuh electric – pneumatic. Lakukan penggantian bilamana diperlukan.
  • Cek pipa hisap tangki solar. Caranya dengan melepas selang yang menuju bosch pump, kemudian hisap dengan suntikan plastik besar atau dengan pompa sepeda yang manual. Apabila hisapannya berat berarti ada sumbatan kotoran, harus dibersihkan.
  • Pastikan filter bahan bakar, selang, dan pipanya keadaan bersih. Lakukan penyemprotan dengan kompresor jika perlu.
  • Cek kondisi feed pump. Feed pump adalah pompa otomatis yang melekat pada bosch pump. Tugasnya menghisap bahan bakar dari tangki, disalurkan ke filter bawah, filter atas, dan endingnya ke mesin. Bila feed pump terganggu, maka stabilitas suplai bahan bakar ke mesin juga akan terganggu. Efeknya mesin akan sering mati.

Demikian sedikit berbagi informasi yang bisa kami tuliskan dalam artikel kali ini. Semoga tulisan ini bermanfaat dan menambah wawasan pembaca sekalian. Terima kasih telah berkunjung, salam otomotif.

Avatar

Yoyok Damay

Seorang penulis yang berbagi sedikit pengalaman hidup agar bermanfaat bagi orang lain. Pecinta Otomotif, Software, Anime, dan Ikan Hias.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Woy, Ojo Nyolong !!