Ini Syarat dan Aturan Naik Kendaraan Umum Saat Perpanjangan PPKM Jawa-Bali

Ini Syarat dan Aturan Naik Kendaraan Umum Saat Perpanjangan PPKM Jawa-Bali

Pemerintah resmi memutuskan untuk memperpanjang Pembelakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) selama 14 hari mulai tanggal 26 Januari hingga 8 Februari 2021.

Surat Edaran (SE) yang mengatur Petunjuk Pelaksanaan (Juklak) bagi orang yang ingin bepergian keluar kota menggunakan transportasi darat telah dikeluarkan oleh Kementerian Perhubungan (Kemenhub) No. 1 Tahun 2021.

Adita Irawati sebagai juru bicara kemenhub mengatakan terbitnya SE tersebut guna mengatur perjalan orang di dalam negeri dalam rangka mengantisipasi peningkatan angka positif Covid-19 di tingkat nasional.

Secara rinci, untuk perjalanan ke pulau Bali via Bus AKAP (Antar Kota Antar Provinsi) wajib menunjukkan surat keterangan non reaktif rapid test antigen atau hasil negatif test RT-PCR yang sampelnya diambil dalam kurun waktu maksimal 3×24 jam sebelum keberangkatan sebagai persyaratan perjalanan.

Adapun untuk perjalanan di Pulau Jawa dengan naik Bus AKAP akan dilakukan random check (cek acak) rapid test antigen oleh Satgas Covid-19 Daerah jikalau diperlukan. Selain itu, penumpang wajib mengisi e-HAC (electronic Health Access Card Indonesia.

Apabila ditemui membawa anak usia 12 tahun kebawah dalam perjalanan, anak tersebut tidak diwajibkan melakukan rapid test antigen maupun tes RT-PCR untuk syarat perjalanan.

Oh ya, dalam SE tersebut juga ada aturan untuk orang yang bepergian di wilayah aglomerasi perkotaan. Mereka tidak diwajibkan menunjukkan hasil rapid test atau surat hasil tes RT-PCR sebagai syarat perjalanan.

Akan tetapi, apabila diperlukan, Satuan Tugas Covid-19 Daerah akan melakukan random test antigen dan rapid di terminal penumpang.

Demikian sedikit berbagi informasi yang bisa disampaikan. Semoga membantu. Silahkan share ke kerabat kalian jika dirasa bermanfaat. Terima kasih telah berkunjung. Salam otomotif.

Avatar

Yoyok Damay

Seorang penulis yang berbagi sedikit pengalaman hidup agar bermanfaat bagi orang lain. Pecinta Otomotif, Software, Anime, dan Ikan Hias.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Woy, Ojo Nyolong !!