Cek Warna Kabel Sepul Motor dan Fungsinya – Bagi pengguna kendaraan bermotor merk Honda Astrea 800, Supra X, Supra Fit, Astrea Legenda dan sejenisnya. Jangan khawatir bila kendaraan anda mengalami masalah dalam kelistrikan, langsung aja cek warna kabel yang keluar dari sepul dan ketahuilah fungsinya dengan membaca artikel berikut ini.

Sebelum membahas warna kabel dan fungsinya, kita ketahui bersama bahwa kendala yang sering muncul pada kendaraan bermotor dengan merk-merk diatas adalah lampu depan mati tapi ketika rem di injak, ternyata lampu belakang masih nyala. Selain itu busi tidak menyala karena listrik pengapian yang keluar dari sepul tidak sempurna bahkan kabelnya putus.

Dari masalah (problem) yang sering kita jumpai di atas, akar masalahnya adalah kelistrikan yang diciptakan oleh sepul. Berhubung kabelnya banyak warna, bingung dengan saluran yang harus disambung. Yuk kita simak pembahasan tentang warna kabel sepul dan fungsinya.

Secara umum motor dengan merk-merk yang telah kami sebutkan diatas, kabel sepul ada 4 warna yaitu kabel hitam list merah; kabel kuning; kabel putih; dan kabel biru list putih.

–          Kabel hitam list merah, berfungsi sebagai penghantar arus kelistrikan pengapian yang disalurkan melalui coil >> kabel tegangan tinggi >> busi.

–          Kabel kuning, berfungsi sebagai penghantar arus untuk kelistrikan bodi kendaraan. Misalnya lampu sign, lampu kepala, lampu belakang dan lain sebagainya.

–          Kabel putih, berfungsi sebagai penghantar arus untuk pengisian / charger aki melalui kiprok (rectifier regulator) terlebih dahulu.

–          Kabel biru list putih, berfungsi sebagai fulser atau penstabil arus pengapian.

Untuk mengetahui keberfungsian masing-masing warna kabel diatas, silahkan anda menggunakan alat yang namanya test lamp. Ujung logam test lamp disentuhkan pada ujung kabel keluaran sepul (pilih warna kabel yang ingin di tes), dan ujung negatif (mulut buaya) diletakkan pada massa kendaraan. Biasanya di letakkan pada blok silinder.

Jika nyala lampu indikator test lamp terang, berarti sepul anda tidak ada masalah, yang bermasalah adalah kabel penghantarnya pada beban. Sebaliknya, bila nyala lampu indikator redup atau bahkan mati, berarti sepul anda sudah waktunya ganti. Selamat mencoba dari sedikit pengalaman kami, semoga artikel ini bermanfaat bagi anda 😊

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *