Akibat Oli Gardan Motor Matic Habis – Motor matic merupakan pilihan utama bagi pengendara di Indonesia ini, selain harganya terjangkau murah, juga dapat menembus kemacetan bila dibandingkan dengan mobil. Namun sebagai pengendara tentunya harus tau bila oli gardan motor matic habis, apa akibat yang ditimbulkan.

Sebelum membahas akibat oli gardan motor matic habis, kita ketahui bersama bahwa motor matic memiliki 2 oli yang mempunyai fungsi masing-masing. Pertama, oli mesin yang berfungsi melumasi piston dan blok. Kedua adalah oli gardan yang berfungsi melumasi sistem transmisi otomatis.

Lalu apa akibatnya bila oli gardan motor matic habis? Tetunya akibatnya akan sangat fatal. Kita teliti kembali bahwa keberfungsian oli gardan merupakan sebagai pelumas untuk transmisi otomatis motor matic, bila oli habis atau viskositasnya menurun pastinya akan terjadi gesekan antar komponen gear transmisi.

Gesekan antar komponen gear transmisi ini bila dibiarkan terus menerus justru akan merusak komponen gear ratio transmisi otomatis motor matic. Terus apa ada tanda gear ratio transmisi mulai rusak? Pasti ada, biasanya kerusakan gear ratio transmisi otomatis motor matic ditandai dengan munculnya suara berisik atau bising dari dalam box CVT.

Nah, kalau sudah terjadi hal seperti ini. Tentunya biaya yang dikeluarkan untuk perbaikan gardan atau transmisi otomatis motor matic akan lebih banyak. Pilih mana antara melakukan perawatan rutin atau menggati gear ratio transmisi otomatis motor matic? Kalau saya pribadi ya lebih memilih melakukan perawatan rutin aja. Hehe

Melakukan perawatan rutin motor matic itu mudah guys. Berhubung dalam speedometer kendaraan sudah tertera motor telah digunakan dalam jarak tempuh berapa kilometer. Silahkan anda mengganti oli gardan matic anda setelah kurang lebih menempuh jarak 8.000 km. Setelah menempuh jarak 8.000 km, bisa jadi oli berkurang atau viskositas kekentalannya menurun. Jadi, gantilah oli matic gardan anda secara rutin.

Gimana? Masih acuh tak acuh dengan oli gardan matic anda setelah mengetahui akibatnya? Hehe. Sayangilah kendaraan anda dengan melakukan perawatan rutin. Oli itu berfungsi sebagai pelumas agar gesekan antar komponen gear ratio tidak terlalu panas dan lebih awet.

Demikian sedikit pengalaman tentang motor matic yang kami ketahui, semoga artikel ini bermanfaat untuk anda. Selamat merawat motor matic anda ya šŸ˜Š

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *