Gunakan Test Lamp untuk Mengetahui Kerja Injektor – Bagi pengguna kendaraan bermotor keluaran terbaru pasti tidak asing dengan istilah sistem injeksi atau sistem EFI (Electronic Fuel Injection) entah itu mobil atau motor. Yaitu proses pemasukan bahan bakar keruang bakar tidak lagi menggunakan karburator, melainkan sudah menggunakan injektor. Namun kebanyakan dari kita nggak tau cara kerja injektor pada kendaraannya sendiri. Hehe. Mudah banget mengetahui cara kerja injektor, cukup menggunakan alat yang namanya test lamp.

Apa itu test lamp? Test lamp sama persis dengan test pen, bedanya ujung negatifnya diganti dengan kabel. Fungsinya juga sama, untuk mengetahui arus dapat mengalir lewat sambungan “tersebut” atau tidak. Selain berfungsi untuk mengetahui arus tersebut lewat atau tidak, juga bisa untuk mengetahui cara kerja injektor loh. Ini nih gambar test lamp biar nggak pada penasaran. 😊

Injektor merupakan komponen mesin yang berfungsi untuk mengabutkan bahan bakar langsung ke ruang bakar. Bila injektor tidak berfungsi, maka mesin motor atau mobil juga akan gagal fungsi seperti mbrebet dan pincang. Yuk kita simak gimana cara mengecek kerja injektor menggunakan test lamp.

Silahkan anda memasang test lamp dengan alur sebagai berikut:

–          Pertama, silahkan anda memasang ujung kabel test lamp ke terminal positif baterai.

–          Kedua, pasanglah ujung logam test lamp ke terminal injektor yang mengarah pada ECU.

–          Ketiga, nyalakan mesin kendaraan anda. Cek apakah lampu indikator test lamp nyala atau mati.

Bila lampu indikator test lamp menyala saat anda menghidupkan mesin kendaraan anda, artinya tidak ada masalah dengan kerja kelistrikan injektor. Namun sebaliknya bila lampu indikator test lamp tidak menyala alias mati saat anda menghidupkan mesin kendaraan anda, artinya ada problem (masalah) dengan kerja kelistrikan injektor.

Yang kita sajikan dalam artikel ini hanyalah mengetahui kerja injektor, bukan mengetahui kondisi injektor. Nanti beda pembahasan lagi bila mengetahui kondisi injektor. Xixi. Gimana? Sudah faham kan cara menggunakan test lamp untuk mengetahui cara kerja injektor. Semoga pengalaman belajar kami bermanfaat untuk anda, selamat mencoba 😊

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *