Cara Menyetel Platina Mobil Kijang 4K – Mobil anda termasuk jenis kijang 4K? Tentunya masih menggunakan platina untuk menciptakan pengapian. Platina berfungsi untuk memutus dan menghubungkan arus listrik yang mengalir ke kumparan primer koil. Ketika arus yang masuk ke kumparan primer koil terputus, maka di kumparan sekunder terjadi proses induksi. Sehingga tegangan pada koil sekunder menjadi 25 kV. Tegangan ini kemudian disalurkan ke kabel tegangan tinggi yang selanjutnya langsung ke busi untuk memercikkan bunga api.

Maka dari itu, bila pengapian mobil kijang 4K anda mengalami masalah. Bisa jadi setelan platina yang kurang tepat atau bahkan telah mengalami perubahan setelannya. Yuk langsung kita simak pembahasan penyetelan platina pada mobil kijang 4K sebagai berikut.

–          Persiapkan fuller gauge, obeng (+) dan obeng (-)

–          Kunci ring 19 untuk memutar poros engkol sampai posisi TOP 1, yaitu silinder 1 posisi top.

–          Setelah posisi TOP 1, putar pada posisi 8 derajat sebelum TMA. Karena pengapian tercipta 8 derajat sebelum TMA.

–          Lepaskan tutup distributor, rotor, dan kendorkan baut pengencang platina menggunakan obeng (+).

–          Masukkan fuller gauge pada celah platina, celah platina ini di setel dengan standar 0,45 mm.

–          Kemudian geser platina dengan obeng (-) dan kencangkan kembali baut platina menggunakan obeng (+).

–          Pasang kembali rotor dan tutup distributor. Jika tadi busi dilepas, jangan lupa memasangnya sesuai dengan firing order pengapian.

Baca Juga : Firing Order Pengapian Mesin Mobil

–          Terakhir silahkan cek kesesuaian sudut platina menggunakan alat yang namanya dwell tester.

Mudah bukan melakukan penyetelan pada mobil kijang 4K? Sebaiknya bila pengapian bermasalah langsung aja cek busi. Bila busi bermasalah, baru cek celah platina. Platina berputar sesuai dengan putaran cam shaft, dalam cam shaft (noken) ada gear yang berfungsi untuk memutar distributor ini. Jadi timing pengapian sesuai dengan timing pembukaan mekanisme katup.

Bagian komponen yang sering mengalami keausan pada platina adalah kontak lepas dan kontak tetap platina. Komponen tersebut cepat aus dikarenakan sering terjadi gesekan untuk menghubung dan memutuskan arus listrik dari baterai. Bila terjadi keausan, silahkan ganti dengan yang baru agar sistem pengapiannya tetap prima.

Demikian sedikit berbagi pengalaman yang bisa kami tulis dalam artikel ini, semoga bermanfaat untuk anda. Thanks 😊

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *