Bagaimana Prinsip Kerja Mesin Injeksi? – Kata injeksi mungkin sudah tidak asing ditelinga anda, namun jika ditanya apa itu teknologi injeksi? Bagaimana prinsip kerjanya? Ternyata masih banyak sekali yang bingung. Dengan banyaknya pertanyaan terkait injeksi, maka kami tertarik membagikan ilmu seputar teknologi injeksi yang akan kami tulis dalam situs meisetio.com ini secara bertahap. Yuk langsung simak penjelasan terkait injeksi berikut ini.

Istilah Injeksi

Istilah injeksi pada masing-masing merk kendaraan itu beda istilah. Ada yang menamakan EGI (Electronic Gasoline Injection), ada juga yang menyebut EPI (Electronic Petrol Injection), dan juga ada yang menyebut PGM-FI (Programmed Fuel Injection). Kami rasa yang paling familiar di telinga anda adalah yang terakhir yaitu PGM-FI. PGM-FI merupakan salah satu teknologi injeksi yang terkenal di Indonesia produknya Astra Honda Mesin.

Meski istilah yang berbeda-beda demikian, namun pada intinya tujuannya juga sama yaitu mengontrol volume dan waktu penyemprotan bahan bakar secara elektronik. Adapun maksud daripada diciptakannya teknologi injeksi ini adalah untuk meningkatkan unjuk kerja dan power mesin, kestabilan akselerasi di setiap putaran mesin, irit bahan bakar, meminimalisir emisi gas buang, dan ramah lingkungan.

Prinsip Kerja Mesin Injeksi

Prinsip kerja mesin injeksi sendiri merupakan pengembangan dari prinsip kerja karburator. Jika kendaraan masih menggunakan karburator, prinsip kerjanya adalah mencampurkan bahan bakar dan udara dalam karburator yang kemudian diteruskan ke ruang bakar melalui intake manifold. Sedangkan prinsip kerja mesin injeksi, proses mencampurkan bahan bakarnya berada di ujung intake manifold sebelum klep masuk (inlet valve).

Pada saat inlet valve terbuka, udara yang masuk ke ruang bakar sudah bercampur dengan bahan bakar. Sistem injeksi menyalurkan bahan bakar menggunakan pompa dengan tekanan tertentu untuk mencampurkan dengan udara yang melewati throttle. Pencampuran udara dan bahan bakar dalam sistem injeksi dikontrol secara elektronik sesuai dengan kondisi putaran dan beban mesin, serta suhu kerja dan suhu atmosfir pada saat itu.

Komponen Mesin Injeksi

Untuk mensuplai sejumlah bahan bakar pada setiap kondisi yang dikontrol secara eletronik, tentunya mesin injeksi dilengkapi dengan berbagai komponen penunjang berupa sensor-sensor. Semakin lengkap sensor yang dimiliki oleh kendaraan, maka akan semakin sempurna pula koreksi pencampuran bahan bakar dan udara disetiap kondisi putaran dan beban mesin. Sehingga unjuk kerja mesin akan lebih optimal pula.

Dalam artikel ini, kami berikan contoh komponen sistem injeksi (EFI) pada motor yamaha GTS1000. Berikut ini komponennya:

Keterangan Gambar:

1.       Fuel rail / deliver pipe : Pipa pembagi

2.       Pressure regulator : Pengatur tekanan

3.       Injector : Nozel penyemprot bahan bakar

4.       Air box : Saringan Udara

5.       Air temperature sensor : Sensor suhu udara

6.       Throttle body butterfly : Katup throttle

7.       Fast idle system

8.       Throttle position sensor : Sensor posisi throttle

9.       Coolant temperature sensor : Sensor suhu air pendingin

10.   Crankshaft position sensor : Sensor posisi poros engkol

11.   Camshaft position sensor : Sensor posisi poros nok

12.   Oxygen sensor

13.   Catalytic converter

14.   Intake air pressure sensor : Sensor tekanan udara masuk

15.   ECU (Electronic Control Unit)

16.   Ignition Coil : Coil pengapian

17.   Atmospheric pressure sensor : Sensor tekanan udara atmosfir

Dengan dilengkapi berbagai sensor yang kami sebutkan diatas, maka kendaraan dengan sistem EFI memiliki kelebihan yaitu mesin tetap mudah dihidupkan meskipun lama tidak digunakan karena tidak terpengaruh dengan temperatur lingkungan.

Demikian sedikit berbagi pengetahuan yang bisa kami sampaikan, semoga sedikit berbagi pengetahuan ini bisa bermanfaat untuk anda. Adapun penjelasan terkait injeksi (EFI) lebih lanjut akan kami tuliskan pada artikel selanjutnya. Terima kasih telah mengunjungi situs kami, salam otomotif 😊

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *