3 Penyebab Kipas Radiator Pendingin Mobil Berbunyi – Hal yang menjadikan risih para pengendara mobil salah satunya dipicu oleh kipas radiator mobil yang berbunyi. Selain berisik juga menyebabkan sistem pendinginan pada mesin kurang optimal bahkan tidak bekerja.

Untuk mobil keluaran lama, kipas radiator digerakkan oleh putaran mesin yang disalurkan melalui belt. Namun untuk mobil keluaran baru, kipas radiator digerakkan langsung oleh motor listrik. Ketika terjadi kerusakan atau bunyi dari kipas radiator, berarti terjadi kerusakan pada komponen sekitar kipas tersebut. Yuk langsung pada poin pembahasan berikut.

Penyebab Kipas Radiator Bunyi Keras

1.       Bearing Cooling Fan Aus

Bearing cooling fan pada radiator berfungsi untuk menjaga putaran kipas tetap pada jalurnya. Ketika bearing cooling fan rusak atau aus, maka kipas radiator akan berputar keluar dari jalurnya. Meskipun hanya keluar sedikit dari jalurnya, hal tersebut dapat membuat perputaran kipas tidak normal dan “oleng”. Karena “oleng” itulah menyebabkan bunyi keras pada kipas radiator.

2.       Fan Blade Tidak Center

Komponen yang berfungsi menghasilkan angin untuk mendinginkan atau melepas panas yang ada pada radiator adalah fan blade. Ketika fan blade berputar dalam keadaan tidak center, bisa jadi fan blade bergesekan dengan radiator atau komponen yang ada didekatnya sehingga menimbulkan bunyi keras. Biasanya fan blade tidak center akibat dari melelehnya sambungan plastik fan blade dan alumuium motor cooling fan.

3.       Motor Cooling Fan Rusak

Seperti yang dijelaskan pada nomor 2, bahwa penyebab utama fan blade tidak center dalam perputarannya adalah rusaknya motor cooling fan. Ketika motor cooling fan rusak akan terjadi arus pendek (konsleting) pada motor cooling fan tersebut yang akhirnya membuat sambungan alumunium dan plastik fan blade meleleh. Inilah yang menyebabkan bunyi keras pada kipas radiator mobil.

Spekulasi kami mengenai kipas radiator yang berbunyi hanyalah meliputi bagian kipas saja atau motor listrik penggerak kipas yang rusak (mengalami masalah). Jika anda mengalami hal yang demikian, maka segeralah melakukan tindakan perbaikan agar efeknya tidak kemana-mana seperti mesin sering overheat, AC mobil tidak dingin, dan lain sebagainya.

Demikian sedikit informasi yang bisa kami tuliskan dalam artikel kali ini. Semoga dengan sedikit tulisan ini bisa bermanfaat dan membantu menyelesaikan permasalahan yang anda alami. Terima kasih telah berkunjung, salam otomotif 😊

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *