Proses Kerja Motor 2 Tak VS 4 Tak

Proses Kerja Motor 2 Tak VS 4 Tak

Proses Kerja Motor 2 Tak VS 4 Tak – Pada awal sebuah pembelajaran dalam jurusan teknik otomotif, teknik kendaraan ringan, dan teknik sepeda motor pasti tidak lepas dengan namanya motor 2 tak / 2 langkah (engine 2 stroke) dan motor 4 tak / 4 langkah (engine 4 stroke). Maka dari itu, kami tertarik untuk membagikan sedikit ilmu terkait proses kerja motor 2 tak dan motor 4 tak. Berikut penjelasannya.

Motor 2 Tak (Engine 2 Stroke)

Sebelum kita membahas lebih jauh tentang motor 2 tak, alangkah baiknya jika kita mengetahui tentang komponennya terlebih dahulu. Berikut ini gambar komponen motor 2 tak dengan jelas.

Keterangan : [1]. Kepala siliner; [2]. Saluran isap; [3]. Sirip pendingin; [4]. Torak; [5]. Batang torak; [6]. Poros engkol; [7]. Bantalan batang torak; [8]. Saluran buang; [9]. Ruang engkol; [10]. Saluran bilas; dan [11]. Busi.

Proses Kerja Motor 2 Tak

Motor 2 tak adalah motor yang memerlukan 2 kali langkah piston (torak) / 1 kali putaran poros engkol untuk menghasilkan 1 kali usaha. Jika diuraikan langkah kerjanya adalah sebagai berikut.

Langkah torak (piston) ke I : Saat piston bergerak dari TMB (Titik Mati Bawah) ke TMA (Titik Mati Atas).

Kejadian Diatas Piston

–          Akhir pembilasan diikuti pemampatan bahan bakar dan udara.

–          Setelah dekat dengan TMA pembakaran dimulai.

Kejadian Dibawah Piston

–          Campuran bahan bakar dan udara baru masuk ke ruang engkol melalui saluran masuk.

Langkah torak (piston) ke II : Saat piston bergerak dari TMA (Titik Mati Atas) ke TMB (Titik Mati Bawah).

Kejadian Diatas Piston

–          Akibat pembakaran, tekanan mendorong torak ke TMB.

–          Saluran buang terbuka , gas sisa terbuang dan didorong gas baru (pembilasan).

Kejadian Dibawah Piston

–          Campuran bahan bakar dan udara diruang engkol tertekan dan akan naik ke ruang atas piston lewat saluran bilas.

Motor 4 Tak (Engine 4 Stroke)

Sama seperti diatas, sebelum kita membahas lebih jauh tentang motor 4 tak, alangkah baiknya jika kita mengetahui tentang komponennya terlebih dahulu. Berikut ini gambar komponen motor 4 tak dengan jelas.

Keterangan : [1]. Pena torak; [2]. Roda gigi poros cam; [3]. Roda gigi poros engkol; [4]. Panci oli / carter; [5]. Busi; [6]. Katup isap; [7]. Poros cam; [8]. Tuas katup; [9]. Batang penggerak; [10]. Poros engkol; [11]. Batang penekan katup; dan [12]. Karburator.

Baca Juga : Macam-macam Sistem EFI (Sistem D-EFI Dan Sistem L-EFI)

Proses Kerja Motor 4 Tak

Motor 4 tak adalah motor yang memerlukan 4 kali langkah piston (torak) / 2 kali putaran poros engkol untuk menghasilkan 1 kali usaha. Jika diuraikan langkah kerjanya adalah sebagai berikut.

Dalam motor 4 tak ada istilah isap, kompresi, usaha, dan buang. Berikut definisinya: Langkah Isap (pemasukan gas baru ke dalam silinder, melalui katup isap); Langkah Kompresi (pemampatan gas baru dengan memperkecil ruang, sehingga temperatur dan tekanan naik, katup isap dan katup buang menutup); Langkah Usaha (tekanan hasil pembakaran mendorong torak turun, katup isap dan katup buang menutup); Langkah Buang (pengeluaran gas bekas dari dalam silinder, melalui katup buang). Adapun penjabarannya sebagai berikut.

Langkah Isap

–          Piston bergerak dari TMA ke TMB.

–          Katup isap membuka dan katup buang tertutup.

–          Campuran bahan bakar dan udara masuk melalui saluran masuk (inlet port).

Langkah Kompresi

–          Piston bergerak dari TMB ke TMA.

–          Kedua katup sama-sama menutup.

–          Campuran bahan bakar dan udara dimampatkan, sehingga tekanan dan temperatur tinggi.

Langkah Usaha

–          Beberapa derajat sebelum TMA, busi memercikkan bunga api sehingga terjadi pembakaran yang mendorong piston bergerak dari TMA ke TMB.

–          Kedua katup masih menutup.

–          Campuran bahan bakar dan udara terbakar.

Langkah Buang

–          Piston bergerak dari TMB ke TMA.

–          Katup isap menutup dan katup buang membuka.

–          Gas sisa hasil pembakaran keluar melalui saluran buang (exhaust port).

Demikianlah sedikit berbagi ilmu yang bisa kami tuliskan dalam artikel ini, semoga sedikit tulisan ini bisa bermanfaat dan menambah wawasan anda. Terima kasih telah berkunjung, salam otomotif 😊

Avatar

Yoyok Damay

Seorang penulis yang berbagi sedikit pengalaman hidup agar bermanfaat bagi orang lain. Pecinta Otomotif, Software, Anime, dan Ikan Hias.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Woy, Ojo Nyolong !!