5 Komponen Transmisi Otomatis Mobil Lengkap Beserta Fungsi dan Gambarnya

5 Komponen Transmisi Otomatis Mobil Lengkap Beserta Fungsi dan Gambarnya

Dunia otomotif terus melakukan pengembangan demi tercapainya suatu sistem yang memudahkan pekerjaan manusia. Salah satu sistem yang dikembangkan adalah sistem transmisi. Sistem transmisi dibagi menjadi dua, yaitu transmisi manual dan transmisi otomatis. Pada artikel kali ini akan diulas tentang komponen transmisi otomatis, karena transmisi manual sudah kami bahas pada artikel sebelumnya. Jika kalian belum membacanya, silahkan baca dulu 12 Komponen Transmisi Manual Mobil Lengkap Beserta Fungsi dan Gambarnya.

Pengertian Transmisi Otomatis

Transmisi otomatis adalah suatu sistem transmisi yang perpindahan giginya dilakukan secara otomatis berdasarkan beban mesin dan kecepatan laju kendaraan.

Fungsi Transmisi Otomatis

Transmisi otomatis berfungsi untuk memindahkan gigi transmisi pada saat kendaraan sedang berjalan secara otomatis menyesuaikan beban mesin dan juga kecepatan kendaraan.

Komponen Transmisi Otomatis

Namanya suatu sistem pasti dilengkapi dengan komponen penunjang. Komponen penunjang sistem transmisi otomatis sebagai berikut:

1. Torque Converter

Torque Converter berfungsi untuk memperbesar momen yang dihasilkan oleh mesin kendaraan, sebagai kopling otomatis yang memindahkan atau memutuskan momen mesin ke transmisi, sebagai flywheel yang dapat memperlembut putaran mesin kendaraan, sebagai peredam getaran yang diakibatkan oleh momen dari mesin dan pemindahan daya, serta sebagai penggerak pompa oli dari hydraulic control unit.

2. Planetary Gear Unit

Planetary Gear Unit berfungsi untuk menurunkan dan menaikkan momen mesin sesuai dengan kecepatan laju kendaraan. Pada dasarnya planetary gear unit difungsikan untuk menghasilkan tenaga dan menggerakkan kendaraan yang mempunyai beban berat dengan tenaga yang ringan. Komponen ini digerakan dengan tekanan hidraulik.

3. Hydraulic Control Unit

Hydraulic Control Unit berfungsi untuk mengalirkan minyak transmisi ke bagian torque connverter, sebagai pelumas bagian-bagian sistem transmisi dengan fluida, sebagai pengatur tekanan hidrolik yang dihasilkan dari pompa oli, sebagai pemberi tekanan hidrolik ke bagian clucth dan brake untuk mengatur pengoperasian planetary gear, serta sebagai pendingin bagian torque converter dan transmisi dengan menggunakan minyak.

4. Manual Likage

Manual Linkage berfungsi sebagai selector lever dengan cable serta accelerator pedal dan throttle cable.

5. Automatic Transmission Fluid

Automatic Transmission Fluid berfungsi untuk memindahkan momen puntir pada torque converter, sebagai pelumas dan pendingin bagian planetary gear serta bagian lainnya yang bergerak, sebagai pengendali hydraulic control unit yang berpengaruh pada kerja kopling dan rem pada transmisi otomatis.

Demikian sedikit tulisan yang bisa kami bagikan dalam artikel kali ini. Semoga tulisan ini bermanfaat dan bisa menambah wawasan kalian. Terima kasih telah berkunjung, salam otomotif.

Yoyok Damay

Seorang penulis yang berbagi sedikit pengalaman hidup agar bermanfaat bagi orang lain. Pecinta Otomotif, Software, Anime, dan Ikan Hias.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *