Site icon meisetio.com

Standard Ukuran Celah Katup Berbagai Tipe Motor Honda

Untuk menjaga peforma engine mobil maupun motor agar tetap optimal, maka diperlukan perawatan berkala. Perawatan berkala dalam mobil dan motor meliputi penggantian oli, pengecekan air radiator, pengkuran celah katup dan lain sebagainya.

Berhubung pembakaran pada mesin menghasilkan panas yang sangat tinggi, maka dalan sistem pembakaran harus ada celah katup. Celah katup dari masing-masing tipe sepeda motor memiliki standard yang berbeda. Intinya katup harus mampu menerima tekanan dan panas yang tinggi serta tahan terhadap gesekan.

Baca Juga : Akibat Celah Katup Terlalu Longgar dan Terlalu Rapat

Akibat Celah Katup Terlalu Rapat

Akibat Celah Katup Terlalu Longgar

Standard Ukuran Celah Katup Motor Honda

Tipe Motor Karisma, Kirana, Supra X 125, Supra PGM FI

Tipe Motor Supra X 125 Helm In

Tipe Motor Revo 100

Tipe Motor Revo 110, Absolute Revo, Revo Fit, Revo AT, Blade, New Blade, Mega Pro, Tiger 200 All, CS 1

Tipe Motor Vario Series, PCX

Tipe Motor Beat, Scoopy, Spacy Helm In

Tipe Motor New Mega Pro

Tipe Motor CBR 250 R

Tipe Motor CBR 150 R

Adapun untuk melakukan pengukuran celah katup ini menggunakan alat yang dinamakan feeler gauge / thickness gauge. Feeler gauge adalah alat mekanik yang berfungsi untuk mengukur celah kerenggangan / clearance antara 2 permukaan yang rata. Sedangkan tingkat ketelitian yang dimiliki feeler gauge adalah 0,01 mm.

Ketika motor anda mengalami hal yang sudah kami uraikan diatas (dampak / akibat celah katup terlalu rapat dan terlalu longgar), maka segeralah periksa celah katupnya menyesuaikan standard dari tipe motor anda. Semoga sedikit informasi ini bisa bermanfaat dan membantu menyelesaikan permasalahan anda. Terima kasih telah berkunjung, salam otomotif.

Exit mobile version