Akibat Celah Katup Terlalu Longgar dan Terlalu Rapat – Katup merupakan suatu komponen dalam kendaraan bermotor yang berfungsi untuk membuka dan menutup sebagai jalan masuk dan keluarnya bahan bakar ke ruang bakar. Selain itu juga berfungsi untuk menciptakan kompresi mesin dan pembakaran dalam. Bila katup tidak berfungsi sebagaimana mestinya, maka akan terjadi suatu akibat tertentu pada mesin.

Dari permasalahan diatas, maka kami tertarik untuk menuliskan akibat atau efek yang ditimbulkan ketika celah katup terlalu longgar atau bahkan terlalu rapat. Semoga sedikit pembahasan kami nanti akan bermanfaat dan menambah wawasan anda. Yuk langsung simak penjelasan berikut ini.

Celah Katup Terlalu Longgar

Saat anda melakukan penyetelan celah katup, ternyata celah katup terlalu longgar. Maka yang terjadi adalah timbulnya suara berisik pada mesin yang ditimbulkan oleh tertumbuknya rocker arm dan katup (klep). Selain suara berisik yang timbul, akibat tumbukan tersebut akan membuat katup lebih cepat patah, mesin cepat panas, pembakaran kurang maksimal, mesin kurang bertenaga, dan irit bahan bakar (karena kesulitan untuk masuk ke ruang bakar).

Celah Katup Terlalu Rapat

Sebaliknya, jika anda melakukan penyetelan celah katup dan ternyata celah katup terlalu rapat. Maka yang terjadi adalah bukaan katup akan menjadi lebih lama dari standarnya, sehingga putaran idle kurang stabil. Selain itu juga akan lebih boros bahan bakar, tenaga berkurang, katup bisa bengkok, serta katup tidak akan bisa menutup dengan sempurna.

Baca Juga : Standard Ukuran Celah Katup Berbagai Tipe Motor Honda

Celah Katup Standar

Untuk mendapatkan daya yang optimal, maka penyetelan celah katup harus sesuai dengan standarnya. Untuk mobil, katup in disetel dengan celah 0,20 mm dan katup ex disetel dengan celah 0,30 mm. Sedangkan untuk sepeda motor rata-rata celahnya disetel 0,05 mm, untuk yamaha celahnya disetel 0,07 mm, dan untuk GL Max atau sejenisnya disetel 0,10 mm. Adapun kendaraan lainnya silahkan anda menyesuaikan dengan standar celah katup kendaraan yang anda miliki dengan cara melihat buku manual kendaraan tersebut.

Mungkin itu aja dulu berbagi informasi dan pengetahuan yang bisa kami tuliskan dalam artikel kali ini. Semoga sedikit tulisan ini bisa bermanfaat dan membantu menyelesaikan permasalahan yang anda alami. Terima kasih telah berkunjung, salam otomotif 😊

2 thoughts on “Akibat Celah Katup Terlalu Longgar dan Terlalu Rapat”

  1. Apakah jika klep terlalu rapat dapat mengakibatkan mesin malas hidup pada mobil jika dalam keadaan dingin?

    1. Betul sekali M Akmal, Pembakaran bisa tercipta ketika tekanan / kompresi mesin ideal terpenuhi. Saat celah katup terlalu rapat otomatis kompresinya akan bocor.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *