Site icon meisetio.com

5 Diagnosis Kerusakan Gangguan Sistem Rem Mekanik / Konvensional

Rem adalah salah satu sistem dalam kendaraan yang berfungsi untuk memperlambat atau menghentikan gerakan roda. Bisa juga diartikan guna memperlambat dan menghentikan laju kendaraan. Kalau lebih rinci lagi, fungsi rem ada 3, yaitu :

Rem kendaraan saat ini dibagi menjadi 2 model, yaitu model tromol dan model cakram. Semua ada kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Pelajari lebih lengkap pada tulisan kami sebelumnya ya.

Baca Juga : Perbedaan Rem Tromol dan Rem Cakram Lengkap Beserta Gambarnya

Dari dua model tersebut, ada yang mengatakan bahwa rem tromol lebih pakem karena bidang geseknya lebih lebar. Ada juga yang menyatakan bahwa rem cakram lebih joss kerana sifat pembuangan panasnya sangat efektif. Meski demikian, kadang kala rem cakram itu juga bisa seret dan macet.

Baca Juga : 5 Cara Memperbaiki Rem Cakram Mobil Seret dan Macet

Dalam dunia otomotif sangat dianjurkan melakukan perawatan berkala pada semua sistem pendukung kendaraan. Tidak boleh kelewatan juga yang tidak kalah penting yaitu perawatan sistem rem. Banyak terjadi kecelakaan dijalan biasanya disebabkan oleh rem blong, rem tidak fungsi, dan lain sebagainya. Itu semua tidak terjadi dengan tiba-tiba loh. Tanda-tandanya bisa dikenali kok.

Baca Juga : 7 Tanda Rem Mobil Bermasalah yang Perlu Anda Ketahui

Langkah akhir dari pengetahuan yang kalian miliki tentang sistem rem adalah kalian harus mampu mendiagnosis atau menganalisis penyebab gangguan sistem rem. Jika ada pelanggan yang datang ke bengkel kalian, lantas jawaban kalian sangat rinci dan detail, tentunya hal itu menjadi kepuasan tersendiri bagi pelanggan menunjukkan bahwa kalian benar-benar mekanik profesional. Berikut rincian detail analisis penyebab kerusakan sistem rem :

1. Pedal Rendah atau Pedal Membalik :

2. Rem Menyeret :

3. Rem Menarik :

4. Pedal Keras Tapi Rem Tidak Efisien :

5. Bunyi dari Rem :

Demikian artikel yang bisa kami buat. Semoga dengan sedikit tulisan ini dapat membantu menambah wawasan pembaca sekalian. Terima kasih telah berkunjung, salam otomotif.

Exit mobile version