Kelistrikan Kiprok dan Fungsi Warna Kabelnya – Semua kendaraan bermotor pasti dilengkapi dengan komponen yang satu ini, yaitu kiprok atau bahasa formalnya regulator rectifier. Baik kendaraan motor maupun mobil pasti ada kiproknya, dengan catatan motor atau mobil tersebut kelistrikan bodi nya masih terawat. Beda lagi kalau motor atau mobil tidak memperhatikan kelistrikan bodinya, hanya yang penting bisa jalan. Karena beberapa orang ada yang berspekulasi seperti itu. Hehe.

Kiprok sendiri memiliki 2 fungsi utama. Pertama, sebagai penstabil arus yang dihasilkan oleh spull untuk mencharger aki sesuai kapasitas voltase dan ampere nya. Kedua, sebagai penyarah arus listrik yang dihasilkan oleh spull dari listrik AC (alternating current) menjadi listrik DC (direct current). Karena sistem kelistrikan bodi kendaraan semuanya menggunakan kelistrikan DC. Baik itu lampu kepala, lampu sign, klakson, serta komponen kelistrikan lainnya.

Baca jugaPerbaiki Lampu Motor Mati? Ketahui Dulu Kelistrikannya AC atau DC

Yuk langsung kita bahas fungsi warna kabel yang ada pada kiprok

1.       Motor honda

–          Kabel warna kuning, fungsinya melanjutkan arus keluaran spull ke beban. Misalnya, lampu dan klakson.

–          Kabel warna putih, fungsinya melanjutkan arus keluaran spull ke sistem pengisian. Merubah arus AC menjadi arus DC.

–          Kabel warna merah, fungsinya melanjutkan arus keluaran spull ke baterai (aki) atau dikenal dengan istilah recharger battery. (terminal positif [+])

–          Kabel warna hitam, fungsinya melanjutkan arus keluaran spull ke massa kendaraan. (terminal negatif [-])

2.       Motor suzuki

–          Kabel warna putih list merah [W/R], fungsinya melanjutkan arus keluaran spull ke sistem pengisian. Merubah arus AC menjadi arus DC.

–          Kabel warna kuning list putih [Y/W], fungsinya melanjutkan arus keluaran spull ke beban. Misalnya, lampu dan klakson.

–          Kabel warna merah [R], fungsinya melanjutkan arus keluaran spull ke baterai (aki) atau dikenal dengan istilah recharger battery. (terminal positif [+])

–          Kabel warna hitam list putih [B/W], fungsinya melanjutkan arus keluaran spull ke massa kendaraan. (terminal negatif [-])

3.       Motor kawasaki

–          Kabel hitam list kuning, fungsinya melanjutkan arus keluaran spull ke massa kendaraan. (terminal negatif [-])

–          Kabel biru list putih, fungsinya melanjutkan arus keluaran spull ke sistem pengisian. Merubah arus AC menjadi arus DC.

–          Kabel kuning, fungsinya melanjutkan arus keluaran spull ke beban. Misalnya, lampu dan klakson.

–          Kabel putih list hitam, fungsinya melanjutkan arus keluaran spull ke baterai (aki) atau dikenal dengan istilah recharger battery. (terminal positif [+])

Itulah pembahasan kelistrikan kiprok dan fungsinya warna kabel pada beberapa merk kendaraan. Semoga artikel ini bermanfaat untuk anda, terima kasih. Salam otomotif 😊

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *