Kode Kerusakan Sistem PGM-FI Honda Supra X 125R Pada MIL – Apa itu MIL? MIL merupakan singkatan dari Malfunction Indicator Lamp yang terdapat pada setiap motor injeksi. Kalau motor honda sering disebut dengan teknologi PGM-FI (Programmed Fuel Injection).

Pernahkah anda mengamati sepeda motor PGM-FI saat pertama kali dinyalakan? Pasti di dasboard ada kedipan lampu, kemudian bunyi “ngiiing” pada tangki bahan bakar. Nah, kedipan pada dasboard tersebut merupakan kode sistem PGM-FI masih normal atau terjadi kerusakan. Sedangkan bunyi “ngiiing” pada tangki bahan bakar merupakan tanda bahwa fuel pump sedang diaktifkan.

Baca juga : Bagaimana Prinsip Kerja Mesin Injeksi?

Adapun artikel kali ini, kami akan membahas arti kode kerusakan sistem PGM-FI Honda Supra X 125R melalui MIL (Malfunction Indicator Lamp) yang ada pada dasboard motor anda. Kedipan yang ditunjukkan merupakan kode kesalahan atau kerusakan sistem injeksi yang dialami motor anda. Yuk langsung kita bahas satu persatu kode MIL berikut ini.

Lampu MIL berfungsi sebagai indikator kerusakan pada sistem injeksi (PGM-FI). Lampu MIL akan berkedip sesuai dengan jenis kerusakan yang ada. Jadi anda tidak perlu repot-repot menganalisa kerusakan mesin injeksi menggunakan scan tool.

1.       Lampu MIL (Malfunction Indicator Lamp) berkedip sebanyak 12 kedipan. Artinya, motor injeksi anda mengalami kerusakan pada komponen injector. Silahkan anda melepas injector, lakukan perbaikan atau penggantian. Selanjutnya analisa kedipan pada dasbord motor anda lagi, bila sudah berkedip normal berarti injector sudah terbenahi dengan baik.

2.       Lampu MIL (Malfunction Indicator Lamp) berkedip sebanyak 54 kedipan. Artinya, motor anda mengalami kerusakan pada komponen Bank Angle. Bank Angle merupakan komponen mesin injeksi yang berfungsi mematikan mesin ketika melewati sudut kemiringan tertentu. Jadi, bila motor anda terjatuh secara otomatis sensor Bank Angle akan aktif dan mematikan motor anda.

3.       Lampu MIL (Malfunction Indicator Lamp) berkedip sebanyak 7 kedipan. Artinya, motor anda mengalami kerusakan pada komponen Engine Oil Temperature. Silahkan anda cek kerusakan yang ada, benahi atau ganti dengan yang baru.

4.       Lampu MIL (Malfunction Indicator Lamp) berkedip sebanyak 1 kedipan. Artinya motor anda mengalami kerusakan pada komponen Manifold Absolute Pressure. MAP berfungsi untuk mendeteksi jumlah tekanan udara yang masuk ke ruang bakar. Jika terjadi kerusakan pada MAP tentunya akan mengganggu proses pembakaran.

5.       Lampu MIL (Malfunction Indicator Lamp) berkedip sebanyak 8 kedipan. Artinya motor anda mengalami kerusakan pada komponen Throttle Postion. TP berfungsi untuk mendeteksi posisi jarum katup trotel. Seberapa besar bukaan trotel juga mempengaruhi seberapa banyak bahan bakar yang perlu diinjeksikan ke ruang bakar.

6.       Lampu MIL (Malfunction Indicator Lamp) berkedip sebanyak 9 kedipan. Artinya motor anda mengalami kerusakan pada komponen Intake Air Temperature. IAT berfungsi mendeteksi temperatur udara pada intake manifold. Sehingga kebutuhan bahan bakar terus terpantau dengan berfungsinya IAT. Jadi, saat mesin dalam kondisi dingin pasti tetap mudah dinyalakan.

7.       Lampu MIL (Malfunction Indicator Lamp) berkedip sebanyak 33 kedipan. Artinya, motor anda mengalami kerusakan pada komponen ECM/ECU. Nah, kalau terjadi kerusakan pada komponen ECM/ECU ini. Bisa dipastikan motor anda tidak akan berfungsi secara normal bahkan gak bisa nyala. Karena otak yang memberikan perintah untuk menghidupkan mesin injeksi mengalami kerusakan.

Demikian sedikit berbagi informasi pengetahuan yang bisa kami tuliskan pada artikel ini. Semoga sedikit pengetahuan kami bisa bermanfaat untuk anda. Terima kasih telah berkunjung, salam otomotif 😊

2 thoughts on “Kode Kerusakan Sistem PGM-FI Honda Supra X 125R Pada MIL”

    1. Kalau ditinjau ulang, sebenarnya itu 1 kali kedipan 1,3 detik dan 2 kali kedipan 0,3 detik. Hal tersebut menandakan bahwa terjadi problem pada komponen injector. Penyebabnya : Hubungan singkat pada kabel data link conector (DLC), Hubungan singkat pada kabel MIL, atau ECU/ECM tidak bekerja dengan baik. Adapun probel yang anda temui koil tidak nyala api dan full pump tidak bunyi kemungkinan terbesar adalah penyebab nomor 3. Semoga membantu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *