Istilah Umum Spesifikasi Kendaraan Roda Empat (Mobil)

Istilah Umum Spesifikasi Kendaraan Roda Empat (Mobil)

Istilah Umum Spesifikasi Kendaraan Roda Empat (Mobil) – Bagi anda pemilik kendaraan roda empat yang lazim disebut dengan mobil, atau mungkin anda yang ingin membeli mobil. Alangkah baiknya mengerti istilah yang sering dipakai untuk melihat kondisi mobil yang akan dibeli. Pertama kali jika anda ingin membeli mobil haruslah tau spesifikasi dari mobil tersebut.

Baca Juga : Adakah Efek Yang Timbul Pada Mesin Jika Sering Ganti Oli Beda Merk?

Dalam artikel kali ini, kami akan membahas tentang spesifikasi kendaraan roda empat, karena perbedaan paling mencolok dari setiap merk kendaraan adalah dari spesifikasinya. Yuk langsung kita simak bersama artikel berikut ini.

1.       Overall Lenght (panjang keseluruhan) adalah panjang kendaraan termasuk bumper pelindung.

2.       Overall Width (lebar keseluruhan) adalah lebar kendaraan termasuk bumper, moulding, tonjolan, dan lainnya yang diukur dari luar kendaraan.

3.       Overall Height (tinggi keseluruhan) adalah tinggi kendaraan diukur dalam kondisi tanpa beban.

4.       Wheel Base adalah jarak antara garis tengah axle depan dengan axle belakang.

5.       Tread adalah jarak antara garis tengah ban kanan dengan ban kiri.

6.       Minimum Running Ground Clearance adalah jarak terendah yang diukur dari lantai dengan kendaraan dalam kondisi berat kotor kendaraan.

7.       Room Lenght adalah jarak horizontal dari atas instrument pad sampai tempat duduk belakang.

8.       Room Width adalah jarak antara permukaan interior body dari kiri ke kanan.

9.       Room Height adalah jarak maksimum tegak lurus dari lantai ke atap, termasuk karpet dan plafon.

10.   Overhang Front adalah jarak dari sumbu roda depan sampai bagian ujung terdepan kendaraan, termasuk bumper.

11.   Overhang Rear adalah jarak dari sumbu roda belakang samapai bagian ujung terbelakang, termasuk bumper.

12.   Angle Of Approach adalah sudut antara lantai dengan garis tengah roda ke titik pertama singgungan (bumer, deflektor, fender atau komponen lain, tidak termasuk pelat nomor).

13.   Angle of Departure adalah sudut antara lantai dengan garis tengah dari roda ke titik pertama singgungan (bumper, deflektor, fender atau komponen lain, tidak termasuk pelat nomor).

14.   Curb Weight adalah berat kendaraan kosong tanpa beban atau pengemudi, tetapi termasuk sejumlah bahan bakar, pendingin, dan perlengkapan standar lain, termasuk ban serep dan alat-alat.

15.   Gross Vehicle Weight (GVW) adalah berat total kendaraan maksimum yang diijinkan berdasarkan pertimbangan hukum dan kekuatan bahan. Besarnya GVW ini merupakan perhitungan dari berat total kendaraan pada saat bahan bakar penuh ditambahi pengemudi.

Berikut ini memperlihatkan secara jelas beberapa spesifikasi umum pada mobil (kendaraan roda empat).

Nah, dengan spesifikasi mobil secara umum yang kami uraikan diatas semoga anda tidak kesulitan mengenali kendaraan milik anda atau kendaraan yang ingin anda beli. Semoga dengan sedikit tulisan tersebut dapat bermanfaat dan menambah wawasan. Terima kasih telah berkunjung, salam otomotif 😊

Yoyok Damay

Seorang penulis yang berbagi sedikit pengalaman hidup agar bermanfaat bagi orang lain. Pecinta Otomotif, Software, Anime, dan Ikan Hias.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *