Salam sejahtera buat pemilik, pengendara, dan penghobi motor vixion. Terima kasih telah mampir ke blog kami. Kami akan sedikit menuliskan pengalaman penyebab motor vixion brebet pada RPM tinggi. Padahal secara umum motor dengan kategori sport seperti vixion itu jarang brebet pada RPM 6000 – 7000. Tapi anehnya justru pada RPM tinggi malah brebet. Apa sih penyebab brebet pada RPM tinggi? Simak spesifikasi mesin vixion yang ditunjukkan gambar berikut ini.

Penyebab Motor Vixion Brebet pada RPM Tinggi

  1. Oktan Bahan Bakar Rendah
    Jika kita tinjau dari spesifikasi diatas. Bahan bakar yang seharusnya digunakan adalah bahan bakar tanpa timbal. Yang kita ketahui, bahwasannya bahan bakar yang mengandung timbal adalah premium. Berarti jika motor kalian brebet pada RPM tinggi bisa jadi kalian masih menggunakan bahan bakar premium. Oleh karena itu, hindarilah penggunaan premium karena nilai oktan premium terlalu rendah untuk vixion yaitu 88. Sedangkan yang dibutuhkan motor vixion adalah bahan bakar dengan oktan 90 (pertalite) atau lebih baik dengan oktan 92 (pertamax). Jika kalian sudah menggunakan pertamax, tapi masih juga brebet pada RPM tinggi, silahkan check langkah berikutnya.
  2. Tipe Busi Salah
    Busi yang digunakan pada motor vixion jangan busi yang salah mengingat tekanan kompresi motor vixion adalah 510 kPa atau 72.5 psi. Gunakan busi iridium, busi ini menggunakan elektroda berbahan logam iridium dengan diameter lebih kecil sehingga percikan api lebih terpusat. Keuntungan busi ini lebih awet dari busi biasa serta tarikannya akan lebih halus dan ringan. Agar tidak salah membeli busi baca dulu Cara Membaca Arti Kode Busi.
  3. Filter Udara Kotor
    Syarat motor agar bisa melakukan pebakaran adalah dengan adanya udara, bahan bakar, dan api. Jika udara yang masuk ke dalam ruang bakar kotor, akibatnya adalah pembakaran tidak sempurna yang ujung-unjungnya membuat mesin brebet saat RPM tinggi. Selain itu, jika tidak dilakukan pembersihan secara berkala justru akan menyumbat aliran udara masuk ke dalam ruang bakar sehingga syarat pembakaran tidak terpenuhi dan mengakibatkan mesin brebet di RPM tinggi.
  4. Bahan Bakar Tercampur Air
    Air tercampur dengan bahan bakar bisa dikarenakan kesalahan saat mencuci motor, saat hujan lebat, dan sebagainya. Hal ini membuat kegagalan pembakaran yang mengakibatkan mesin brebet. Kenapa mesin tidak mati padahal bahan bakar bercampur air? Jawabnya karena skala tercampurnya sangat sedikit, akibatnya membuat mesin brebet. Jika skala tercampurnya besar tidak mungkin, kecuali ada yang iseng memasukkan air dalam tangki bahan bakar motor kalian. Hehe.
  5. Pompa Bahan Bakar Bermasalah
    RPM tinggi identik dengan permintaan suplai bahan bakar yang lebih. Jika kebutuhan bahan bakar tidak terpenuhi, akibatnya adalah mesin motor menjadi brebet. Jika pompa bahan bakar normal, tentunya akan bisa memenuhi kebutuhan suplai bahan bakar sesuai kondisi putaran mesin. Nah, jika gas RPM tinggi namun tekanan pompa bahan bakar tetap loyo yang terjadi pastinya mesin brebet.

Begitulah ceritanya penyebab dari motor vixion brebet pada RPM tinggi. Tidak puas rasanya jika hanya menyajikan penyebab tanpa solusi, bagaikan masakan tanpa garam. Xixi. Nih kami bagikan solusinya sedikit aja ya.

Solusi Motor Vixion Brebet pada RPM Tinggi

  1. Gunakan bahan bakar dengan oktan minimal 90
  2. Gunakan busi yang sesuai dengan tipe mesin
  3. Bersihkan filter udara secara berkala
  4. Kuras tangki bahan bakar setiap mengalami kendala brebet pada RPM tinggi
  5. Periksa tekanan fuel pump secara berkala agar peforma mesin tetap optimal.

Demikian sedikit tulisan yang bisa kami bagikan dalam artikel kali ini. Semoga sedikit tulisan ini bisa membantu menyelesaikan dan menambah wawasan kalian. Terima kasih telah berkunjung, salam otomotif.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *