Hai para pengguna sepeda motor yamaha vixion, dalam artikel kali ini kami akan menulis pengalaman dan pengetahuan tentang cara memperbaiki aki tekor pada motor yamaha vixion. Klausul muncul tulisan ini adalah ada beberapa pertanyaan kenapa motor vixionku tidak bisa distarter? Padahal aki masih baru. Berawal dari pertanyaan tersebut, akhirnya kami pengen mengulas dalam artikel kali ini.

Mayoritas motor yamaha vixion yang beredar saat ini sudah menggunakan teknologi FI (Fuel Injection). Seperti yang telah kita ketahui, bahwa sistem injeksi tidak akan bisa berfungsi tanpa adanya suplai listrik yang cukup. Kita tidak akan membahas tentang injeksi lebih dalam disini, kalau ingin mempelajari sistem EFI silahkan baca Bagaimana Prinsip Kerja Mesin Injeksi?.

Jika aki baru, tapi tidak bisa distarter. Masalah utamanya yaitu pada kelistrikan aki, kiprok rusak, spull terbakar, sekring putus, dan kabelnya meleleh. Komponen-komponen itulah yang menyebabkan motor yamaha vixion tidak bisa distarter meski akinya baru. Yuk kita bahas satu per satu dari part tesebut.

  1. Kelistrikan aki normal jika masih memiliki tegangan sebesar 12 – 13 Volt. Artinya, jika motor vixion kalian tegangannya dibawah standart itu harus dicharger ulang. Cara check tegangan ya pakai AVO meter.
  2. Kiprok merupakan elemen kendaraan yang berfungsi pengubah arus AC dari spull menjadi arus DC untuk pengisian aki. Jika kiprok rusak, maka menyebabkan aki tekor dikarenakan tidak bisa melakukan pengisian atau bahkan pengisian yang terlalu besar. Cara mengecek kiprok berfungsi atau tidak yaitu gas dipanteng pada putaran mesin antara 4.000-5.000 RPM. Pengisian bagus tegangannya antara 12-13 Volt. Kurang dari 12 Volt atau lebih dari 13 Volt, berarti sistem pengisiannya tidak normal karena kiprok bermasalah.
  3. Spull terbakar biasanya disebabkan pemasangan lampu HID. Okelah memang benar kalau lampu HID lebih terang pencahayaannya, namun jika tidak diimbangi dengan penyesuaian pada spul pengisian, akibatnya aki cepat tekor.
  4. Sekring dipasang pada kendaraan gunanya adalah sebagai antisipasi jika ada arus short, maka yang dikorbankan adalah sekring. Hal ini bertujuan agar tidak sampai merusak komponen kelistrikan terkait. Jika sekring putus, segeralah ganti sekringnya agar sistem pengisian aki bisa berfungsi kembali dengan normal.
  5. Kabel meleleh terjadi karena arus keluaran dari spull yang terlalu besar, kemudian kiprok juga tidak berfungsi. Akhirnya arus tidak bisa diteruskan ke lampu ataupun ke sistem pengisian yang efeknya membuat kabel meleleh. Kabel meleleh juga membuat mesin tidak bisa nyala. Segerah ganti kabel yang meleleh jika terjadi hal demikian.

Setelah semua komponen tersebut kalian perbaiki, dijamin motor yamaha vixion kesayangan kalian akan nyala dengan normal. Mungkin itu dulu sedikit berbagi pengalaman dan pengetahuan yang bisa kami tuliskan dalam artikel kali ini. Semoga dengan sedikit tulisan ini bisa membantu menyelesaikan masalah dan menambah wawasan kalian. Terima kasih telah berkunjung, salam otomotif.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *