Perbedaan Compressor Udara VS Compressor AC Mobil

Perbedaan Compressor Udara VS Compressor AC Mobil

Semakin banyaknya tuntutan perkembangan dunia otomotif demi mencapai keamanan dan kenyamanan dalam berkendara, akhirnya muncul beberapa peralatan penunjang seperti compressor. Dalam artikel kali ini, kami akan membahas perbedaan antara compressor udara dan compressor ac mobil. Sebelum lebih dalam membaca materi ini, kami sarankan anda membaca dulu 2 Tipe Compressor Lengkap Beserta Pengertian dan Cara Kerjanya agar lebih mudah dalam memahami materi kali ini. Meski demikian, kami tidak akan terlalu panjang dan lebar membahasnya. Hanya sebatas dari komponen dan fungsinya.

Komponen Compressor Udara dan Fungsinya

1. Frame (Kerangka)

Kerangka berfungsi sebagai tempat dudukan poros engkol, bantalan, silinder, serta tempat penampungan minyak pelumas.

2. Crank Shaft (Poros Engkol)

Berfungsi untuk mengubah gerakan rotasi (berputar) menjadi gerak translasi (lurus bolak-balik).

3. Connecting Rod (Batang Penghubung)

Connecting rod berfungsi untuk meneruskan gaya dari crank shaft ke batang torak melalui cross head. Agar mampu menahan beban ketika kompresi, connecting rod harus tahan bengkok dan juga kuat.

4. Cross Head (Kepala Silang)

Cross head berfungsi untuk meneruskan gaya dari connecting rod ke batang torak. Cross head bisa meluncur di bantalan luncurnya.

5. Cylinder (Silinder)

Cylinder merupakan tempat kedudukan dari water jacket dan cylinder liner.

6. Cylinder Liner (Liner Silinder)

Ketika piston torak melakukan proses ekspansi, pemasukan, kompresi, dan juga pengeluaran memerlukan lintasan. Lintasan yang dimaksud adalah Cylinder Liner.

7. Front and Rear Cylinder Cover

Gas atau udara yang ada di dalam silinder perlu ditahan agar tidak keluar. Untuk menahannya diperlukan silinder cover pada bagian front dan rear.

8. Water Jacket

Water jacket merupakan ruangan di dalam silinder yang berfungsi sebagai tempat bersirkulasinya air sebagai pendingin.

9. Piston (Torak)

Piston atau torak merupakan part yang berperan untuk menghandel gas atau udara pada proses suction (pemasukan), compression (kompresi), dan discharge (pengeluaran).

10. Piston Rings (Cincin Torak)

Gas atau udara yang berada di antara dinding cylinder liner dan permukaan torak seringkali mengalami kebocoran. Dengan adanya piston rings ini kebocoran akan berkurang.

11. Piston Rod (Batang Torak)

Piston rod atau batang torak berfungsi untuk meneruskan gaya dari cross head ke piston.

12. Packing Rod (Cincin Penahan Gas)

Dalam pergerakan piston rod dan berhubungan dengan bagian yang diam yaitu cylinder, kebocoran gas bisa saja terjadi karena adanya clearance atau celah dari kedua bagian tersebut. Untuk menahan kebocoran tersebut diperlukan packing rod yang terdiri dari beberapa ring segment.

13. Ring Oil Scraper

Dengan adanya ring oil scraper, maka kebocoran minyak pelumas pada frame dapat dicegah, dan itulah fungsi dari ring oil scraper.

14. Compressor Valve (Katup Kompresor)

Compressor valve bekerja membuka dan menutup secara otomatis. Hal ini terjadi karena terjadinya perbedaan tekanan antara bagian luar dan dalam dari cylinder. Compressor valve mengatur masuk dan keluarnya gas atau udara.

Komponen Compressor AC Mobil dan Fungsinya

1. Tutup Depan Kompresor

Berfungsi melindungi bagian dalam kompresor dan menahan tekanan refrigerant yang berada didalam ruang kompresi.

2. Body Kompresor

3. Piston Kompresor

Piston kompresor berfungsi membuat tekanan dan suhu tinggi pada refrigerant yang selanjutnya akan di distribusikan ke arah kondensor.

4. Tutup Belakang Kompresor

Berfungsi melindungi bagian dalam kompresor dan menahan tekanan refrigerant yang berada didalam ruang kompresi.

5. Valve Out

Valve out berfungsi untuk mengeluarkan refrigerant yang di proses didalam ruang kompresi. Valve out ini di sambungkan dengan kondensor menggunakan pipa yang mampu menahan suhu dan tekanan tinggi.

6. Valve In

Valve in verfungsi kebalikan dari valve out. Yakni menyerap refrigerant yang akan di proses didalam ruang kompresi. Valve out ini disambungkan dengan evaporator menggunakan pipa yang digunakan untuk mendistribusikan refrigerant bertekanan dan bersuhu rendah.

7. Trust Bearing / Laker Bambu

8. Kruk As

9. Ruang Kompresor

Ruang kompresor berfungsi menjadi tempat pemprosesan tekanan dan suhu tinggi,yang selanjutnya akan di salurkan ke kondensor.

10. Magnet Kompresor

11. Pully

Pully ini berfungsi untuk menggerakkan motor kompresor. Pully disambungkan menggunakan venbelt yang disambungkan juga ke bagian alternator.

12. Clucth Kopling

Demikianlah perbedaan dari compressor udara dan compressor ac mobil ditinjau dari komponen dan fungsinya. Semoga dengan sedikit tulisan ini bisa bermanfaat dan menambah wawasan anda. Terima kasih telah berkunjung, salam otomotif.

Avatar

Yoyok Damay

Seorang penulis yang berbagi sedikit pengalaman hidup agar bermanfaat bagi orang lain. Pecinta Otomotif, Software, Anime, dan Ikan Hias.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Woy, Ojo Nyolong !!