Cara Me-Reset Data Memori yang Tersimpan dalam ECU (Electronic Control Unit)

Cara Me-Reset Data Memori yang Tersimpan dalam ECU (Electronic Control Unit)

Dalam artikel sebelumnya telah kami bahas tata cara atau prosedural tentang mendiagnosis kerusakan sensor EFI melalui lampu MIL (Malfunction Indicator Lamp). Jika kalian belum sempat membacanya, silahkan baca disini. Adapun pada tulisan kali ini akan memuat tentang tata cara mereset memori ECU yang masih menyimpan data kerusakan sensor EFI. Jika tidak direset, maka yang terjadi adalah lampu MIL akan terus berkedip sesuai dengan kerusakan sensor sebelum dikarenakan datanya belum dihapus. Oleh karena itu sekarang kita pelajari bersama prosedur reset data ECU sebagaimana berikut.

Prosedur Me-Reset Pendiagnosaan Sendiri

Catatan: Data memori pendiagnosaan sendiri tidak akan terhapus sewaktu kabel negatif baterai dilepaskan.

a. Putar kunci kontak ke “OFF”.

b. Lepaskan front top cover.

c. Lepaskan connector cover (penutup konektor) dari Data Link Connector (DLC)

d. Hubungkan special tool (konektor DLC atau DLC short connector) ke Data Link Connector

e. Putar kunci kontak ke “ON”.

f. Lepaskanlah DLC short connector dari Data Link Connector (DLC) seperti terlihat pada gambar di bawah:

g. Hubungkan DLC short connector ke Data Link Connector (DLC) lagi sementara lampu MIL hidup selama kira-kira 5 detik (pola penerimaan reset; seperti terlihat pada gambar di atas).

h. Data memori pendiagnosaan sendiri telah terhapus, jika MIL mati dan mulai berkedip. Hal ini menandakan prosedur me-reset telah berhasil. Lihat pada gambar di bawah untuk melihat bentuk/pola me-reset yang berhasil (pola keberhasilan).

i. DLC harus dihubungkan singkat sementara lampu indikator hidup. Jika DLC short connector tidak tersambungkan dalam 5 detik, MIL akan mati dan hidup kembali dengan pola kegagalan seperti terlihat pada gambar di bawah :

j. Matikan kunci kontak dan coba lagi mulai dari langkah d.

Catatan: Perhatikan bahwa data memori pendiagnosaan sendiri tidak akan terhapus jika kunci kontak dimatikan sebelum MIL mulai berkedip.

Demikian sedikit berbagi informasi yang bisa kami tuliskan dalam artikel kali ini. Semoga sedikit tulisan ini bisa bermanfaat dan menambah wawasan kalian. Terima kasih telah berkunjung, salam otomotif.

Yoyok Damay

Seorang penulis yang berbagi sedikit pengalaman hidup agar bermanfaat bagi orang lain. Pecinta Otomotif, Software, Anime, dan Ikan Hias.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *