2 Cara Kerja Transmisi Otomatis Lengkap Beserta Penjelasan dan Gambarnya

2 Cara Kerja Transmisi Otomatis Lengkap Beserta Penjelasan dan Gambarnya

Sobat otomotif yang kami hormati dan kami banggakan. Artikel ini bermula dari semakin maraknya mobil matic di Indonesia tercinta, namun pembahasan tentang transmisi otomatis pada mobil masih jarang sekali. Ada yang bahas tentang transmisi otomatis, namun antara blog satu dengan yang lainnya saling copas. Akhirnya timbul rasa kecewa dalam hati.

Kalau dulu jendela dunia adalah buku, sekarang jendela dunia adalah internet. Tak mau melewatkan ilmu yang udah tersebar luas mendunia, kemudian kami membaca blog luar negeri jalopnik.com dan meneliti video youtube learning engineering.

Hasil dari pengamatan dan pembelajaran yang kami jalani akan coba kami uraikan sebisa mungkin agar ilmu yang kami dapat bisa bermanfaat. Tulisan ini akan membahas tentang cara kerja transmisi otomatis. Adapun tentang komponennya silahkan baca artikel 5 Komponen Transmisi Otomatis Mobil Lengkap Beserta Fungsi dan Gambarnya terlebih dahulu.

Cara Kerja Transmisi Otomatis Secara Singkat

Komponen utama yang berperan dalam cara kerja transmisi otomatis adalah torque converter dan planetary gear. Maka dari itu pembahasan cara kerja transmisi otomatis akan kami bagi menjadi dua. Penjelasannya sebagai berikut:

1. Torque Converter

Torque Converter adalah sebuah komponen kendaraan yang mempunyai tugas untuk menghubungkan mesin ke transmisi yang kemudian diteruskan sampai ke roda. Torque converter terletak tepat setelahnya flywheel, sehingga torque converter sering juga disebut dengan kopling fluida penggati kopling manual pada transmisi konvensional.

Komponen torque converter terdiri dari impeller, turbin, dan stator. Impeller berfungsi sebagai rumah dari torque converter yang terhubung langsung ke flywheel. Selanjutnya impeller akan berputar seirama dengan putaran engine. Sehingga putaran impeller akan memompa fluida kopling dan membuat turbin ikut berputar. Sedangkan turbin berfungsi sebagai penerus putaran ke input transmisi. Adapun stator terletak diantara impeller dan turbin dengan tujuan untuk membantu gerakan impeller serta meningkatkan torsi dari output turbin sehingga putaran dari engine dapat disalurkan ke input transmisi dengan maksimal.

Mekanisme inilah yang diterapkan pada torque converter sehingga proses transfer torsi saat mesin pada RPM tinggi tetap terjaga secara optimal. Selanjutnya putaran ini diteruskan ke input transmisi dalam hal ini menggunakan planetary gear.

2. Planetary Gear

Setelah kita mengetahui bagaimana cara engine mentrasferkan putaran daya ke input transmisi, sudah saatnya membahas teknis perpindahan rasio gigi pada transmisi otomatis. Jika pada transmisi manual untuk melakukan perpindahan gigi dengan cara memindahkan tuas persneling. Adapun pada transmisi otomatis menggunakan planetary gear yang memiliki fungsi untuk merubah rasio putaran turbin pada roda gigi sehingga mirip dengan tuas persneling yang dipakai untuk menjalankan transmisi manual.

Planetary gear memiliki 2 input dan 1 output. Sedangkan komponen planetary gear meliputi sun gear, planet gear, ring gear, dan carrier.

Saat posisi gigi satu (first gear), plat kopling C1 dan C5 akan tertekan seiring dengan kecepatan dan beban mesin, sehingga yang bergerak hanyalah sun gear, planet gear, dan carrier. Kondisi ini biasanya digunakan pada jalan tanjakan atau saat mobil mulai jalan.

Adapun ketika mobil mulai berakselerasi, dalam hal ini masuk pada gigi dua (second gear) ke atas. Maka plat kopling C4 akan tertekan, sehingga ring gear juga ikut berputar guna memperoleh torsi kendaraan yang lebih besar.

Sedangkan saat tuas persneling diarahkan pada posisi gigi mundur (reverse gear), maka plat kopling C3 dan C5 akan tertekan, sehingga ring gear berhenti berputar. Adapun sun gear, planet gear, dan carrier akan berputar berbalik arah. Ini menandakan bahwa mobil sedang berjalan mundur.

Demikian sedikit tulisan yang bisa kami bagikan dalam artikel kali ini. Semoga dengan sedikit tulisan ini bisa bermanfaat dan menambah wawasan para pembaca sekalian. Jika ada hal yang perlu disharingkan, silahkan tulis komentar dibawah. Terima kasih telah berkunjung, salam otomotif.

Yoyok Damay

Seorang penulis yang berbagi sedikit pengalaman hidup agar bermanfaat bagi orang lain. Pecinta Otomotif, Software, Anime, dan Ikan Hias.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *