Cara Membaca Kode Kelistrikan Motor Starter Mobil

Cara Membaca Kode Kelistrikan Motor Starter Mobil

Motor starter adalah sebuah komponen dalam kendaraan yang memiliki fungsi untuk mengubah energi listrik dari baterai / aki menjadi energi mekanik berupa putaran sebagai penggerak flywheel guna menghidupkan mesin mobil pertama kali untuk melakukan siklus kerjanya. Dalam mengendarai mobil tanpa adanya motor starter sangatlah tidak mungkin (impossible), karena dalam mobil tidak ada kick starter semisal yang ada pada motor kalian. Maka dari itu jika terjadi macet ditengah jalan dan mobil sulit distarter, bukan menjadi masalah jika kalian sudah tau kode kelistrikan motor starternya.

Tulisan ini kami bagikan karena pertama kali memahami wiring diagram motor starter mobil memang sangat sulit. Harapan kami dengan artikel yang kami tulis dengan bahasa sederhana ini bisa kalian serap dengan cepat dan mudah dipahami. Yuk langsung simak uraian dibawah ini.

Komponen Motor Starter Mobil

Sebelum menginjak lebih dalam materi ini, kalian harus tau tentang komponennya dulu. Mau troubleshooting rangkaian kelistrikan motor starter kok tidak tau komponennya kan tidak lucu, hehe. Motor starter itu juga terdiri dari berbagai macam komponen guna menunjang kinerja satu sama lainnya. Adapun komponen motor starter meliputi:

  1. Plunger
  2. Hold-in Coil
  3. Pull-in Coil
  4. Spring
  5. Contact Disk
  6. Start Motor (M) Terminal
  7. Start (ST) Terminal
  8. Battery (B) Terminal
  9. Switch Cover
  10. Hollow Core
  11. Return Spring
  12. Swtich Housing

Nah, jika kalian sudah tau tentang komponen motor starter tersebut, barulah kita beranjak pada pembahasan cara membaca kode kelistrikan motor starternya.

Baca Juga : Cara Membaca Kode Kelistrikan Lampu Kepala

Kode Kelistrikan Motor Starter

Posisi OFF

Pada posisi ini, tidak ada arus listrik yang mengalir sedikitpun pada komponen kelistrikan motor starter. Hal ini disebabkan kunci kontak masih pada posisi off / mati, artinya tidak akan terjadi reaksi apapun dalam rangkaian tersebut.

Posisi ON

Ketika kalian memutar kunci kontak pada posisi on / nyala, maka arus listrik mulai mengalir ke dalam sistem kelistrikan motor starter. Pada saat ini belum terjadi reaksi apapun juga, namun arus listrik sudah standby siap digunakan untuk menyalakan motor starter sewaktu-waktu. Bersamaan ini pula fuel pump menyala, sehingga siap untuk menyalurkan bahan bakar kedalam silinder mesin dengan timing yang tepat.

Posisi Starter (ST)

Saat kunci kontak (Ignition Switch) kalian putar pada posisi ST, maka motor starter akan menyala dan memutar flywheel sehingga mesin mobil kalian akan menyala. Sesegera mungkin setelah engine menyala, kalian harus melepas kunci kontak ya. Tujuannya agar tidak terjadi bentrokan gesekan antar gear motor starter dan gear flywheel yang dapat merusak salah satu gear tersebut.

Jalannya arus listrik dimulai dari terminal B / 30, kemudian mengalir ke kunci kontak dengan kode terminal ST. Arus ini dilanjutkan masuk kedalam relay motor starter dengan kode terminal 85 dan outputnya adalah terminal 86 ke ground / massa dengan kode 31.

Arus listrik dari baterai B / 30 yang tidak melintasi kunci kontak langsung masuk melalui relay dengan kode terminal 30 dan output relay terminal 87 disalurkan ke motor starter dengan kode terminal 50. Sedangkan terminal 30 pada motor starter langsung dihubungkan ke battery / aki dengan kode terminal 30.

Dengan demikian selesai sudah penjelasan tentang wiring diagram kelistrikan motor starter mobil ini. Jika ada yang perlu di sharingkan, silahkan tulis komentar pada kolom dibawah ya. Semoga dengan sedikit tulisan ini bisa bermanfaat dan menambah wawasan. Terima kasih telah berkunjung, salam otomotif.

Avatar

Yoyok Damay

Seorang penulis yang berbagi sedikit pengalaman hidup agar bermanfaat bagi orang lain. Pecinta Otomotif, Software, Anime, dan Ikan Hias.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Woy, Ojo Nyolong !!