Master Rem RCB Radial Pada Rem Cakram Motor

Master Rem RCB Radial Pada Rem Cakram Motor

Master rem Racing Boy (RCB) ini berasal dari negara tetangga yaitu Negeri Jiran Malaysia. Master rem RCB radial berbahan dasar alumunium alloy yang diproses dengan system anodizing, yaitu proses pelapisan alumunium dengan sebuah zat warna menggunakan teknik elektrolisis.

Elektrolisis yaitu proses penguraian zat kimia dengan cara dialiri arus listrik. Sehingga master rem RCB ini terkenal sangat elegan dari segi warna yang tidak mudah pudar dan sangat ringan karena terbuat dari logam alumunium. Desainnya sangat sporty tapi biasanya hanya untuk motor tertentu saja, terutama untuk moge yang dudukan kalipernya sudah sesuai (cocok). Kalau diaplikasikan pada motor restorasi, maka harus bikin dudukan kaliper baru yang menyesuaikan bentuk master RCB radial ini.

Macam-macam Jenis Master Rem

Secara umum, master rem terbagi menjadi 2 jenis, yaitu master rem radial dan master rem non radial (axial). Master rem RCB merupakan jenis master rem radial dengan hasil pengereman yang sangat maksimal, sehingga untuk moge wajib menggunakan master rem jenis ini. Sedangkan master rem non radial / axial lazim digunakan hampir pada semua motor.

Perbedaan Master Rem Radial dan Non Radial (Axial)

Perbedaan paling mendasar dari kedua jenis master rem ini yaitu pada letak pistonnya. Piston pada master rem radial terletak pada bagian depan, sedangkan pada master rem non radial / axial terletak pada bagian samping.

Posisi piston didepan memiliki keunggulan daripada yang disamping. Kalau posisi piston master rem radial ada didepan pasti searah dengan gerakan tuas rem, sehingga daya yang didapat dari dorongan tangan bisa langsung disalurkan oleh piston master rem. Alhasil daya pengereman akan lebih maksimal.

Sedangkan kekurangan posisi piston disamping untuk jenis master rem non radial / axial yaitu posisi piston disamping tidak searah dengan gerakan tuas rem atau jari tangan, sehingga membuat potensi terbuangnya daya sangat besar.

Harga Master Rem RCB Radial

Master rem RCB radial ini memiliki beberapa varian warna yang dapat dipilih sesuai selera anda. Mulai warna hitam, merah, biru, silver, dan kuning gold. Adapun harga 1 pcs dibanderol kisaran Rp. 900.000,- sudah termasuk pressure switch.

Baca Juga : 5 Cara Memperbaiki Rem Cakram Mobil Seret dan Macet

Cara Memasang Master Rem RCB Radial

Langkah pertama yaitu melepas master rem standarnya. Jangan lupa sebelumnya untuk mengosongkan minyak rem yang ada di reservoir maupun dalam sistem pengereman. Selanjutnya copot selang rem dan ganti dengan model braided. Adapun braket / dudukan kaliper menyesuaikan dengan jenis masternya seperti yang saya terangkan diatas.

Setelah posisinya disesuaikan dengan tangan pengendara, kencangkan baut pengunci dengan T.8 dan pasang selang karet penghubung master dengan reservoir. Kemudian pasang reservoir minyak rem dan isilah minyak remnya. Terakhir, lakukan proses bleeding yaitu pembuangan udara yang terjebak dalam sistem pengereman melalui nipel di kaliper.

Demikian sedikit informasi yang bisa kami bagikan dalam artikel kali ini. Semoga dengan sedikit tulisan ini bisa bermanfaat dan menambah wawasan anda. Jika anda merasakan artikel ini bermanfaat, luangkan sedikit waktu anda untuk menekan tombol share agar banyak teman anda yang bisa merasakan manfaatnya juga. Terima kasih telah berkunjung, salam otomotif.

Avatar

Yoyok Damay

Seorang penulis yang berbagi sedikit pengalaman hidup agar bermanfaat bagi orang lain. Pecinta Otomotif, Software, Anime, dan Ikan Hias.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Woy, Ojo Nyolong !!