Oli mobil adalah suatu cairan yang berperan sangat vital dalam kendaraan yang berfungsi sebagai sistem pelumasan. Selain sebagai pelumas dalam mesin, oli juga berfungsi untuk menyerap panas mesin akibat gesekan piston dan silinder blok serta memampatkan kompresi agar tercipta pembakaran yang optimal.

Berapa Kapasitas Oli Mesin Innova Bensin dan Harganya?

Kapasitas oli mesin Kijang Innova Bensin adalah 5,6 liter. Sedangkan harganya setiap tahun pasti berubah-ubah menyesuaikan fluktuasi nilai rupiah.

Harga oli per galon atau 4 liter di tahun 2019 ini adalah Rp.360.000,- adapun untuk kemasan literan seharga Rp.92.500,-.

Oli yang paling cocok pada mobil Kijang Innova Bensin adalah TMO (Toyota Motor Oil) dengan viskositas 10W – 40 API SN 6 liter.

Baca Juga : Akibat Oli Gardan Motor Matic Habis

Bagaimana Cara Mengganti Oli Mobil Sendiri Dirumah?

Sebelum anda memutuskan untuk mengganti oli mesin mobil, lakukan dulu pengecekan kondisi dan kapasitas oli yang masih ada dalam mesin dengan cara mencabut alat cek oli berbentuk batang kecil seperti lidi dan mengamati apakah masih bening atau sudah hitam. Selain itu batasnya masih normal atau sudah habis.

Jika kondisi oli sudah hitam serta kapasitasnya berada dibawah minimum, maka segera lakukan penggantian oli pada mobil anda. Apabila anda tidak sesegera mungkin melakukan penggantian oli mesin, konsekuensinya adalah mesin mobil anda akan macet dijalan serta harus turun mesin karena oli akan pekat, mengering, dan menjadi kerak dalam mesin.

Kalau anda belum faham cara melakukan check kondisi oli mesin, anda bisa melihatnya di dashborad melalui lampu indikator olinya yang berwarna merah. Selain itu juga bisa dilihat pada kilometer perjalanan yang telah ditempuh oleh kendaraan anda. Rata-rata anjuran bengkel resmi untuk melakukan penggantian oli adalah setelah menempuh jarak 10.000 Km.

Setelah mengetahui kondisi oli yang mengharuskan penggantian, langkahnya sangatlah mudah dan bisa dilakukan dirumah sendiri. Siapkan wadah untuk menampung oli bekas, setelah itu buka baut penutup oli dibawah karter mobil.

Selain itu agar oli bisa turun semua sampai bersih, bukalah penutup oli pada bagian pengisian agar kotorannyya juga bisa jatuh sampai habis. Ingat, jangan dibuka total ya. Cukup dikendorin aja untuk jaga-jaga agar tidak ada kotoran yang masuk. Waktu yang dibutuhkan untuk mengeluarkan oli dari mesin hingga habis sekitar 5 – 6 menit an dalam kondisi mesin dingin.

Sebelum melakukan pengisian oli mesin dengan yang baru, kami sarankan anda juga mengganti filter oli dengan tujuan untuk menjaga kebersihan oli. Harganya sekitar Rp. 79.000,- aja kok. Selain itu gantilah gasket oli juga untuk menghindari kebocoran atau oli merembes dari baut yang kita buka dengan kisaran harga Rp. 4.000,-

Setelah semua kondisi sudah terjamin aman, bukalah tutup pengisian oli dan ganti dengan oli yang baru. Ingat ya, kapasitas oli mesin mobil Kijang Innova Bensin adalah 5,6 liter. Jangan sampai terlalu penuh. Kalau terlalu penuh nanti mesin sulit menyala dikarenakan gerakan piston terganggu oleh overload oli pada carter.

Demikian sedikit informasi yang bisa kami bagikan dalam artikel kali ini. Semoga dengan sedikit tulisan ini bisa bermanfaat dan menambah wawasan anda. Jika anda merasakan artikel ini bermanfaat, luangkan sedikit waktu anda untuk menekan tombol share agar banyak teman anda yang bisa merasakan manfaatnya juga. Terima kasih telah berkunjung, salam otomotif.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *