Penyebab dan Solusi Pedal Kopling Mobil Tidak Kembali Saat Diijak, Tandanya Master Kopling Bawah Bocor!

Penyebab dan Solusi Pedal Kopling Mobil Tidak Kembali Saat Diijak, Tandanya Master Kopling Bawah Bocor!

Masih lanjutan dari cerita Silbinas SAKO SPN 2019. Kalau kemarin membahas tentang perjalanan berangkat terkait masalah mobil Taruna Tahun 2000. Kali ini kami membahas perjalanan pulang menggunakan Mobil Mitsubisi Strada Double Cabin dari Kota Bantul Yogyakarta menuju kediaman Kota Kediri lewat jalur lintas selatan.

Gejala Permasalahan

Waktu perjalanan sih oke-oke aja. Keadaan mobil normal, akhirnya berani lewat jalur lintas selatan naik turun gunung. Ehh tiba-tiba ditengah gunung mobil yang kami kendarai mengalami masalah. Masalahnya :

  1. Pedal kopling tidak mau kembali setelah diinjak
  2. Buka kap mesin. Ternyata master atas kopling kehabisan minyak
  3. Cek dibawah mobil. Master kopling bawah bocor

Kira-kira apa yang harus dilakukan ditengah gunung? Cari montir ditengah malam agak susah. Karena kalau nggak terbiasa nglepasin master kopling bawah ya sangat kesulitan loh. Berhubung ‘gupuh‘ kalau bahasa jawanya, kita browsing di internet sebagai pengganti minyak kopling bisa menggunakan minyak goreng. Namanya juga sehabis kemah, ada sisa minyak goreng kita masukkan aja ke master kopling atas. Genjot pedal kopling sampai berkeringat tetap nggak mau turun juga minyaknya. Haduuuhh informasi browsing ini sungguh menyesatkan.

Baca Juga : Kapasitas Oli Mesin Mobil Innova Bensin 2.0 dan Harganya Tahun 2019

Penanganan / Solusi

Tak lama kemudian, Alhamdulillah ada pengusaha kayu lewat dan menghampiri kami. Lantas beliau menawarkan bantuan untuk dipanggilkan montir. Fix montir datang sekitar jam 20.00 WIB. Dibongkar deh tu master kopling bawah. Ternyata sumber permasalahannya adalah salah satu baut penguncinya ada yang patah sudah lama. Sama montir sebelumnya hanya di akali menggunakan kawat untuk menalinya. Akhirnya posisi piston master kopling tidak center sehingga menyebabkan seal pistonnya aus sebelah. Hal tersebutlah yang membuat minyak kopling bocor menembus keluar master kopling hingga habis. Akibatnya pedal kopling tidak mau kembali saat diinjak. Solusi perbaikannya :

  1. Kuras habis minyak kopling yang telah kita masukin dengan minyak goreng tadi.
  2. Ganti seal piston master kopling bawah.
  3. Karna posisi ditengah gunung, maka tidak ada sparepart penggantinya. Bisa di akali dengan melilitkan tali melingkar diujung seal pistonnya.
  4. Pasang kembali master kopling ke kendaraan.
  5. Sebagai pengganti minyak kopling ‘bukanlah minyak goreng’ dikarenakan fluidanya terlalu kental. Yang tepat adalah menggunakan ‘air teh’.
  6. Bleedinglah sistem kopling dengan tujuan mengeluarkan udara yang masih terjebak dalam sistem kopling.

Cara Melakukan Bleeding Kopling

Berhubung masih menggunakan cara manual, maka dibutuhkan 2 orang untuk melakukan bleeding. 1 orang diatas untuk ‘menggenjot‘ pedal kopling beberapa kali, terus ditahan. Saat pedal ditahan, 1 orang yang dibawah membuka-menutup nipel dengan cepat untuk mengeluarkan udara dalam sistem kopling. Demikian seterusnya dilakukan hingga pedal kopling kembali normal.

Sebagai catatan, ini dilakukan hanya sementara ketika terjadi masalah pada kopling saat ditengah jalan. Sesampainya dirumah langsung kita ganti dengan sparepart yang baru. Okelah sudah fix problematikanya. Demikian informasi yang bisa kami tuliskan dalam artikel kali ini. Semoga dengan sedikit berbagi ini bermanfaat bagi pembaca sekalian. Terima kasih telah berkunjung, salam otomotif.

Avatar

Yoyok Damay

Seorang penulis yang berbagi sedikit pengalaman hidup agar bermanfaat bagi orang lain. Pecinta Otomotif, Software, Anime, dan Ikan Hias.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Woy, Ojo Nyolong !!