Cara Kerja Transmisi Manual Mobil – Klasifikasi Transmisi

Cara Kerja Transmisi Manual Mobil – Klasifikasi Transmisi

Sobat otomotif sekalian yang berbahagia, bilamana kalian mampir di blog ini berarti kalian sedang membutuhkan informasi terkait cara kerja transmisi manual. Untuk lebih memudahkan pemahaman cara kerja transmisi manual, maka anda harus kenal komponen transmisi manual yang diantaranya : input shaft, counter gear, bearing, gear percepatan, clutch hub, hub sleeve, dan syncronizer. Adapun secara detail, kalian bisa mempelajari 12 Komponen Transmisi Manual Mobil Lengkap Beserta Fungsi dan Gambarnya.

Pengertian Transmisi Manual

Transmisi manual adalah serangkaian komponen kendaraan meliputi input transmisi, gigi counter, gigi output dan sebagainya yang bertujuan untuk merubah momen yang dihasilkan mesin sesuai dengan kebutuhan yang tergantung dari beban mesin serta keadaan medan jalan. Disebut transmisi manual dikarenakan pengoperasian perpindahan gigi percepatan dilakukan secara manual menggunakan tangan melalui mekanisme tongkat persnelling.

Fungsi Transmisi Manual

Secara umum transmisi manual dibagi memiliki 3 fungsi. Adapun penjabarannya sebagai berikut :

  1. Transmisi Manual berfungsi untuk menyalurkan putaran engine dari kopling ke poros propeler shaft.
  2. Transmisi Manual berfungsi untuk merubah momen yang dihasilkan mesin sesuai dengan kebutuhan menyesuaikan beban yang ditanggung mesin serta keadaan medan jalanan.
  3. Transmisi Manual berfungsi untuk memungkinkan merubah gerak kendaraan menjadi mundur.

Cara Kerja Transmisi Manual

Setelah memahami uraian singkat diatas, barulah kita membahas poin artikel ini sesuai dengan judul yang dibuat. Cara kerja transmisi manual yang kami tuliskan ini berdasarkan posisi dari gigi persnelling. Penjabarannya sebagai berikut :

Gigi Netral (N)

Saat posisi tongkat persnelling mengarah pada kode ‘N’, maka kendaraan akan tetap diam ditempat meskipun mesin dinyalakan. Hal ini dikarenakan putaran engine tidak disalurkan ke poros output yang mana sinkromes masih dalam kondisi bebas dengan kata lain sedang tidak berhubungan dengan roda gigi tingkat.

Gigi Percepatan 1 – 5

Ketika tuas persneling kalian geser ke arah gigi 1, 2, 3, maupun 4. Secara garis besar mekanismenya adalah garpu pemindah sesuai nomor gigi akan menggerakkan clutch hub sehingga putaran mesin melalui input shaft akan terhubung ke gigi percepatan. Proses perpindahan gigi sangat sulit karena antara input gear, counter gear, serta output gear harus selaras. Oleh karena itu pada transmisi manual dilengkapi sinkromesh yang berfungsi untuk menyelaraskan putaran dari shaft ke roda gigi tingkat. Sedangkan gigi lain yang tidak terkena tongkat persneling akan terkunci oleh shifting key dan berputar pada porosnya masing-masing.

Transmisi Manual

Gigi Mundur (R)

Proses kendaraan bisa berjalan mundur disebabkan oleh reverse idle gear masuk ke dalam rangkaian clutch hub gear dan output gear. Sehingga momen putar dari mesin bisa berbalik arah yang membuat kendaraan bisa berjalan mundur.

Cara kerja transmisi manual secara umum ya begitu. Maka kalian harus paham benar tentang cara mengemudikan kendaraan dengan transmisi manual agar komponen transmisi tetap berfungsi dengan normal. Ingat, pengendaraan yang baik mempengaruhi umur dari sebuah kendaraan. So, agar transmisi manual kalian tidak gampang rusak karena kesalahan dalam mengemudikannya, maka bisa kalian pelajari 9 Cara Belajar Mobil Manual Untuk Pemula Secara Praktis.

Demikian sedikit berbagi informasi yang bisa kami tuliskan pada artikel kali ini. Semoga dengan sedikit tulisan ini bisa bermanfaat bagi pembaca sekalian. Terima kasih telah berkunjung, salam otomotif.

Avatar

Yoyok Damay

Seorang penulis yang berbagi sedikit pengalaman hidup agar bermanfaat bagi orang lain. Pecinta Otomotif, Software, Anime, dan Ikan Hias.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Woy, Ojo Nyolong !!