3 Penyebab Mesin Diesel Boros Solar dan Cara Mengatasinya

3 Penyebab Mesin Diesel Boros Solar dan Cara Mengatasinya

Duh, customer datang membawa keluhan lagi. “Konsumsi solar kok tiba-tiba menjadi boros kenapa ya? Nggak seperti biasanya“. Itu mah masalah klasik.

Jika kejadian seperti diatas kalian alami, demikian menunjukkan bahwa ada komponen saluran bahan bakar yang tersumbat sehingga mengganggu distribusi aliran solar hingga ke mesin.

Kondisi kendaraan yang prima tidak akan merubah konsumsi solar mendadak boros. Kalau ada yang menjelaskan kondisi tertentu dapat membuat solar boros memang ada benarnya, misalnya :

  • Injector bermasalah
  • Sistem pendingin bermasalah
  • Akibat AC On
  • Tapak ban terlalu lebar
  • Cara mengemudi ugal-ugalan
  • Kondisi jalan padat merayap

Meskipun begitu, hal tersebut adalah sesuatu yang wajar. Toh boros yang dimaksud itu dalam kategori wajar.

Nah, dalam artikel yang kami bahas berikut adalah permasalahan yang muncul dari pelanggan yang mengeluhkan kendaraannya dengan mesin diesel / solar mendadak boros. Apa penyebabnya dan bagaimana cara mengatisinya? Simak penjelasan berikut.

Penyebab Mesin Diesel Boros + Cara Mengatasinya

1. Filter Solar Bawah Kotor

Filter solar merupakan sebuah komponen dari mesin diesel yang masuk dalam sistem bahan bakar memiliki fungsi untuk menyaring kotoran / zat yang terbawa dalam cairan solar.

Filter solar bawah juga memiliki fungsi ganda, yakni sebagai separator bertugas untuk mengendapkan kandungan air yang terkadung dalam bahan bakar solar.

Jadi disaat filer solar bawah kotor, maka suplai bahan bakar ke engine akan terganggu. Akibatnya mesin menjadi berat. Ketika mesin berat, menyebabkan konsumsi bahan bakar / solar menjadi boros.

Cara mengatasinya, silahkan lakukan pembersihan pada filter solar bawah hingga benar-benar bersih. Jika perlu lakukan penggantian dengan sparepart yang baru untuk memastikan bahwa kondisi filter benar-benar aman.

2. Filter Solar Atas Kotor

Filter solar atas memiliki fungsi yang sama dengan filter solar bawah. Bedanya filter yang satu ini sebagai penyaring tingkat dua guna memastikan bahan bakar solar benar-benar steril dari kotoran maupun endapan air yang ada dalam solar.

Cara mengatasinya, lepaskan filter solar atas dari kendaraan. Selanjutnya tuangkan solar yang ada dalam filter. Filter yang kotor bisa langsung diidentifikasi dari warna solar yang telah dituang. Jika warna solar hitam pekat, maka menandakan filternya kotor. Ganti dengan yg baru.

Bagaimana tanda bahwa filter solar atas masih bagus? Oh, gampang. Tandanya yaitu disaat menuangkan solar dari filter, maka warna solarnya adalah ungu transparan atau kuning transparan.

Nah, setelah filter diganti dengan yang baru. Kemudian silahkan melakukan bleeding dengan cara mengendurkan baut dengan kunci nipel. Pompa-pompa hingga solarnya keluar dari nipel pembuangan. Setelah itu kencangkan kembali baut nipelnya. Selesai dah.

Baca Juga : Motor Boros? Berikut Tips Hemat dan Irit BBM

3. Nozzle Injector Jebol

Nozzle adalah piranti kendaraan mesin diesel yang berfungsi untuk menyemprotkan bahan bakar tekanan tinggi ke dalam ruang silinder. Apalagi jika sudah dilengkapi dengan teknologi common rail, maka setiap saat kondisi bahan bakar selalu bertekanan tinggi dikarenakan standby agar tidak terjadi keterlambatan penginjeksian bahan bakar dalam segala medan jalan.

Ketika injector nozzle jebol, otomatis konsumsi solar mendadak boros. Tandanya yaitu tiba-tiba muncul asap hitam dari knalpot mobil. Hal tersebut disebabkan oleh pembakaran bahan bakar yang tidak sempurna karena campurannya terlalu kaya.

Cara mengatasinya, tidak ada cara lain selain mengganti dengan sparepart yang baru. Setelah diganti dengan komponen baru, jangan lupa lakukan penyetelan penginjeksian solar agar didapatkan penyemprotan bahan bakar dengan takaran yang tepat sesuai beban mesin. Jika kesulitan melakukan penyetelan mesin diesel common rail, cukup bawa saja ke bengkel kepercayaan anda. Dijamin lebih aman.

Demikian sedikit berbagi informasi yang bisa kami tuliskan dalam artikel kali ini. Semoga dengan sedikit tulisan ini dapat menambah wawasan pembaca sekalian. Terima kasih telah berkunjung, salam otomotif.

Avatar

Yoyok Damay

Seorang penulis yang berbagi sedikit pengalaman hidup agar bermanfaat bagi orang lain. Pecinta Otomotif, Software, Anime, dan Ikan Hias.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Woy, Ojo Nyolong !!