Cara Menyetel Platina Dan Sudut Dwell Pada Mobil Sistem Pengapian Konvensional – Artikel ini merupakan lanjutan dari Sistem Pengapian Konvensional Mesin Mobil (Platina dan Sudut Dwell). Maka dari itu sebelum membaca artikel ini, kami sarankan untuk membaca artikel tersebut terlebih dahulu.

Pada sistem pengapian konvensional, sebagai pemeran utamanya adalah platina dan sudut dwell. Oleh karena itu ketika anda sedang mengalami masalah terkait pengapian konvensional, tidak ada salahnya jika melakukan pengecekan dan penyetelan ulang celah kontak platina dan sudut dwell. Yuk langsung saja pada poin inti pembahasan berikut.

Baca Juga : Prinsip Kerja Sistem Pengapian Konvensional Mesin Mobil

Menyetel Kontak Platina

a.       Periksa kesejajaran kontak platina. Jika posisinya tidak sejajar dapat mengakibatkan platina terbakar, berbintik dan pemakaian kontak platina tidak merata. Jika perlu longgarkan sekrup pengunci dan setel posisi kontak platina.

b.       Putar poros engkol hingga cam membuka platina pada posisi terlebar.

Perhatian : ketika memutar poros engkol, yakinkan bahwa transmisi pada posisi netral dan rem dalam keadaan bekerja, hal ini untuk mencegah bergeraknya kendaraan.

c.       Periksa celah kontak platina menggunakan feeler gauge. Pilih lembar feeler gauge sesuai dengan spesifikasi dan sisipkan pada celah titik kontak. Apabila celah kontak platina terlalu kecil atau terlalu besar longgarkan sekrup pengunci kontak platina kemudian setel celah kontak platina dengan cara menggeser badan kontak platina tersebut hingga feeler gauge terjepit (tetapi harus bisa digerak-gerakkan), kencangkan kembali sekrup pengunci.

Perhatian : jika penyetelan kontak platina terlalu rapat, maka kontak platina tersebut akan cepat rusak karena terbakar. Jika penyetelan terlalu renggang dapat menyebabkan lemahnya percikan api ketika engine pada putaran tinggi. Selain itu penyetelan kontak platina yang tidak tepat akan berpengaruh terhadap saat pengapian pada engine.

d.       Periksa kembali hasil penyetelan kontak platina dan bersihkan permukaanya dengan menggunakan kertas atau kain bersih. Kontak platina harus betul-betul bersih sebab adanya kotoran dapat menyebabkan kontak platina terbakar.

Memeriksa Sudut Dwell (dwell angle)

Sudut dwell adalah besarnya sudut yang dibentuk pada poros nok (camshaft) selama kontak platina menutup. Apabila sudut dwell lebih besar maka celah kontak platina lebih kecil dari yang seharusnya.

Catatan : sudut dwell yang terlalu kecil dapat menyebabkan kesalahan pengapian pada waktu putaran tinggi. Sudut dwell yang terlalu besar memungkinkan kontak platina menutup terlalu lama dan bisa terbakar.

Gunakan dwell tester untuk memeriksa besarnya sudut dwell sesuaikan dengan spesifik pabrik. Jika pembacaan sudut dwell bervariasi melebihi dua derajat periksa poros distributor dan bantalannya dan jika sudut dwell serta celah kontak platina (pada saat yang sama) tidak sama dengan spesifikasi kemungkinan kerusakannya adalah :

–          Tegangan pegas lemah

–          Pemasangan kontak platina salah

–          Breaker cam rusak (aus)

–          Pada kecepatan tinggi, kontak platina tidak bisa menyesuaikan cam

–          Poros penggerak bengkok

Apabila perbaikan dan penyetelan sudah selesai, distributor bisa dipasang kembali. Satu hal yang harus diingat, setelah rangkaian dipasang, periksa kembali hasil pekerjaan tadi agar hasilnya bisa diyakinkan sudah baik.

Kelemahan Sistem Pengapian Platina

1.       Keausan pada platina, semahal-mahalnya platina akan mengalami keausan

2.       Terbatasnya input tegangan ke output dari koil agar tidak menghanguskan platina

3.       Keterbatasan pada rpm tinggi dikarenakan masih mengharapkan kemampuan mekanik pegas

4.       Keterbatasan akibat embun, kotoran, dan getaran

Keuntungan Sistem Pengapian Platina

1.       Murah

2.       Banyak montir pinggir jalan yang mengerti

Demikian sedikit tulisan yang bisa kami bagikan dalam artikel kali ini. Semoga dengan sedikit tulisan ini bisa menambah wawasan anda terkait dunia otomotif. Terima kasih telah berkunjung, salam otomotif 😊

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *