9 Komponen Motor Starter Mobil Lengkap Beserta Fungsi dan Gambarnya

9 Komponen Motor Starter Mobil Lengkap Beserta Fungsi dan Gambarnya

Berbicara tentang penggerak mula sebuah kendaraan pasti menyangkut motor starter. Motor starter merupakan komponen kendaraan yang berfungsi sebagai pemutar flywheel pertama kali saat mobil dinyalakan. Selanjutnya setelah mobil menyala dan bisa melakukan siklus kerjanya, maka anda bisa melepas kunci kontak dari posisi ST. Jika mobil sudah menyala dan anda tetap menahan kunci kontak pada posisi ST, bisa-bisa gear motor starter anda patah.

Dalam tulisan ini akan menguraikan komponen yang terdapat pada motor starter dengan tujuan agar anda mudah memahami konsep dasar cara kerja motor starter pada mobil dan bilamana ada kerusakan / gagal fungsi, maka anda bisa langsung melakukan trobleshooting dan menganalisa kerusakannya.

Komponen Motor Starter

1. Magnetic Switch

Magnetic Switch berfungsi untuk menghubungkan pinion gear ke flywheel dan melepaskan pinion gear dari flywheel. Selain itu juga berfungsi untuk mengalirkan arus listrik utama dari baterai melalui terminal 30 dan terminal C. Dalam magnetic switch ada istilah pull in coil dan hold in coil, keterangannya begini:

  • Pull In Coil : Sebuah kumparan dalam motor starter yang ketika dialiri arus listrik akan mendorong plunyer hingga membuat pinion gear bisa berhubungan dengan flywheel.
  • Hold In Coil : Sebuah kumparan dalam motor starter yang ketika dialiri arus listrik akan menahan plunyer hingga pinion gear tetap berhubungan dengan flywheel sampai mobil menyala dan mampu melakukan siklus kerjanya.

2. Armature

Armature berfungsi untuk mengubah energi listrik dari baterai menjadi energi gerak berupa putaran. Kalau dalam ilmu fisika, armature berfungsi sebagai rotor dengan prinsip kerja ketika suatu kumparan (field coil) dialiri arus listrik maka akan terbentuk medan magnet sehingga silinder yang berada dalam medan magnet tersebut akan berputar.

Baca Juga : Cara Membaca Kode Kelistrikan Motor Starter Mobil

3. Yoke dan Pole Core

Yoke berfungsi sebagai tempat pole core yang diikat dengan sekrup serta memiliki bentuk silindris. Sedangkan pole core berfungsi sebagai penopang field coil dan memperkuat hasil medan magnetnya.

4. Field Coil

Field Coil berfungsi untuk membangkitkan medan magnet dalam motor starter ketika dialiri arus listrik. Medan magnet inilah yang digunakan untuk memutar armature sehingga mampu memutar flywheel hingga mesin menyala.

5. Brush

Brush berfungsi untuk menyalurkan arus listrik dari field coil ke armature langsung ke ground melalui komutator. Brush sendiri ada 2, yaitu brush positif dan brush negatif. Brush positif yaitu penyalur arus listrik dari field coil ke armature dan brush. Sedangkan brush negatif yaitu penyalur arus listrik dari armature ke ground / massa.

6. Armature Brake

Armature Brake berfungsi untuk melakukan pengereman gerak putar setelah pinion gear lepas dari flywheel sehingga ketika kunci kontak dilepas dari posisi ST akan menghilangkan fungsi pull in coil dan hold in coil kemudian pinion gear dapat langsung berhenti berputar.

7. Drive Lever

Drive Lever biasa juga disebut shift fork berfungsi untuk mendorong dan melepaskan pinion gear ke / dari flywheel ketika magnetic switch dialiri arus listrik. Istilah yang mudah dipahami yaitu sebagai eksekutor dari fungsi pull in coil dan hold in coil.

Baca Juga : Cara Kerja Motor Starter Mobil

8. Starter Clucth

Starter Clutch biasa juga disebut over running clutch berfungsi untuk mencegah kerusakan starter yang ditimbulkan akibat putaran mesin lebih tinggi daripada putaran armature sehingga cenderung memutar balik pinion gear. Saat hal ini terjadi, maka starter clutch akan langsung melepaskan pinion gear dari flywheel secara otomatis.

9. Pinion Gear dan Helical Spline

Pinion Gear berfungsi untuk meneruskan daya putar output motor starter ke flywheel. Sedangkan Helical Spline berfungsi untuk mengubah daya putar dari motor starter ke pinion gear sehingga membuat pinion gear dan ring gear bisa terhubung dan terlepas secara lembut.

Demikian sedikit berbagi informasi yang bisa kami tulis dalam artikel kali ini. Semoga dengan sedikit tulisan ini bisa bermanfaat dan menambah wawasan anda. Terima kasih telah berkunjung, salam otomotif.

Avatar

Yoyok Damay

Seorang penulis yang berbagi sedikit pengalaman hidup agar bermanfaat bagi orang lain. Pecinta Otomotif, Software, Anime, dan Ikan Hias.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Woy, Ojo Nyolong !!