9 Kode Kerusakan Sistem PGM-FI Motor Honda CBR 250 R Pada Malfunction Indicator Lamp

9 Kode Kerusakan Sistem PGM-FI Motor Honda CBR 250 R Pada Malfunction Indicator Lamp

Mendeteksi kerusakan sistem EFI atau lebih familiar PGM-FI pada motor merk honda sekarang ini tidak perlu susah payah menggunakan scan tool. Anda bisa melakukan pengecekan kerusakan pada motor anda cukup melalui jumlah kedipan yang ada pada dasboard saja. Kedipan dasboard biasa juga disebut dengan Malfunction Indicator Lamp (MIL).

Artikel kali ini akan membahas tentang Kode Kerusakan Sistem Injeksi Pada Motor Honda CBR 250 R. Semua komponen dalam motor honda CBR 250 R telah dikontrol secara elektrik oleh ECU / ECM dengan bantuan sensor-sensor pelengkapnya. Semakin lengkap sensor suatu kendaraan, maka akan semakin bagus pula peforma kendaraan itu.

Indikasi turunnya peforma kendaraan diawali dari rusaknya sebuah sensor. Ketika kita melakukan chek engine ke bengkel resmi pastinya akan mengeluarkan cukup banyak uang. Sehingga kami disini menulis cara mengecek kerusakan sensor melalui kode kedipan MIL dengan harapan bisa membantu menyelesaikan permasalahan anda. Yuk masuk poin pembahasan berikut.

Baca Juga : Kode Kerusakan Sistem PGM-FI Honda Supra X 125R Pada MIL

Kode Kedipan MIL Motor Honda CBR 250 R

1. Lampu MIL berkedip sebanyak 1 kali kedipan, menunjukkan kerusakan pada MAP (Manifold Absolute Pressure) Sensor. MAP Sensor berfungsi untuk mendeteksi dan mengukur volume udara yang masuk melalui intake manifold berdasarkan kevakuman ruang bakar. Jika terjadi kerusakan pada MAP Sensor, segera lakukan perbaikan atau penggantian.

Baca Juga : Fungsi dan Cara Kerja MAP Sensor Lengkap Beserta Gambarnya

2. Lampu MIL berkedip sebanyak 8 kali kedipan, menunjukkan kerusakan pada TP (Throttle Position) Sensor. TP Sensor berfungsi untuk mendeteksi perubahan posisi / sudut bukaan throttle gas dan merubahnya menjadi sinyal elektrik kemudian dikirim ke ECU / ECM. Apabila bukaan throttle tidak normal, lakukan pembongkaran dan perbaikan.

3. Lampu MIL berkedip sebanyak 9 kali kedipan, menunjukkan kerusakan pada IAT (Intake Air Temperature) Sensor. IAT Sensor berfungsi untuk mendeteksi serta mengukur temperature yang masuk melalui intake manifold, selanjutnya suhu yang terdeteksi ini dikirim ke ECU / ECM berupa sinyal elektrik. Ketika suhu yang masuk tidak terbaca dengan baik akan menyebabkan mesin sulit distarter.

4. Lampu MIL berkedip sebanyak 7 kali kedipan, menunjukkan kerusakan pada ECT (Engine Coolant Temperature) Sensor. ECT Sensor berfungsi untuk mendeteksi suhu air pendingin radiator yang bersirkulasi dalam mesin. Jika ada permasalahan pada ECT sensor bisa mengakibatkan mesin overheat.

5. Lampu MIL berkedip sebanyak 54 kali kedipan, artinya terjadi kerusakan pada Bank Angle Sensor. BAS berfungsi untuk mematikan motor dengan cara menghentikan proses penginjeksian bahan bakar ketika motor terjatuh atau melewati sudut kemiringan diatas 65 derajat. Apabila BAS rusak dan terjadi kecelakan bahkan kondisi mesin sangat panas dapat memicu terjadinya ledakan.

6. Lampu MIL berkedip sebanyak 21 kali kedipan, menunjukkan kerusakan pada O2 (Oxigent) Sensor. O2 Sensor berfungsi untuk mendeteksi gas buang pada saluran exhaust port guna mengatur jumlah pasokan bahan bakar agar sesuai dengan kebutuhan dalam ruang bakar. Jika O2 Sensor tidak berfungsi, maka campuran bahan bakar akan terlalu kaya bahkan terlalu miskin sehingga pembakaran tidak bisa normal.

7. Lampu MIL berkedip sebanyak 29 kali kedipan, artinya kerusakan terjadi pada IACV (Idle Air Control Valve). IACV berfungsi untuk menaikkan rpm mesin dan mengatur banyaknya campuran bahan bakar agar mesin mudah menyala saat kondisi dingin / langsam / idle. Setelah mesin mencapai suhu kerjanya, maka ECT sensor akan memberikan kode ke ECU / ECM untuk mematikan kerja IACV. Jadi kinerja IACV persis seperti dengan choke pada motor konvensional.

8. Lampu MIL berkedip sebanyak 12 kali kedipan, berarti terjadi kerusakan pada Injector. Injector berfungsi untuk mengeksekusi perintah dari ECU / ECM untuk menginjeksikan sejumlah bahan bakar kedalam ruang bakar sesuai dengan kebutuhan dan beban mesin berdasarkan informasi yang diterima dari berbagai sensor PGM-FI. Ketika injector rusak, secara otomatis mesin tidak akan bisa menyala dikarenakan supplai bahan bakar tidak terpenuhi. Segara ganti dengan injector yang baru.

9. Lampu MIL berkedip sebanyak 33 kali kedipan, menunjukkan kerusakan terjadi pada ECM / ECU. ECU / ECM berfungsi sebagai penerima dan pengolah informasi berupa sinyal elektrik yang selanjutnya guna mengatur kinerja dan peforma motor agar bisa berfungsi sesuai dengan semestinya. Nah, kalau permasalah pada komponen satu ini mau tidak mau harus ganti dengan yang baru. Tapi jarang banget kalau kerusakan langsung pada sumber pengolah informasi.

Demikian sedikit berbagi informasi yang bisa kami tuliskan dalam artikel kali ini. Semoga dengan sedikit tulisan ini bisa bermanfaat dan menambah wawasan anda. Terima kasih telah berkunjung, salam otomotif.

Avatar

Yoyok Damay

Seorang penulis yang berbagi sedikit pengalaman hidup agar bermanfaat bagi orang lain. Pecinta Otomotif, Software, Anime, dan Ikan Hias.

2 thoughts on “9 Kode Kerusakan Sistem PGM-FI Motor Honda CBR 250 R Pada Malfunction Indicator Lamp

  1. Saya punya motor cbr 250 r injeksi indikator lampu sewaktu kontak on itu nyala sebentar dan langsung mati itu tanda kerusakan apa..

    1. Tandanya kendaraan Anda masih normal kak. Saat kondisi normal, ketika kunci kontak diputar posisi ON maka MIL akan menyala selama 2 detik dan akan mati.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Woy, Ojo Nyolong !!