11 Komponen Utama Differential / Gardan Mobil Lengkap Beserta Fungsi dan Gambarnya

11 Komponen Utama Differential / Gardan Mobil Lengkap Beserta Fungsi dan Gambarnya

Differential alias gardan adalah komponen kendaraan yang masuk dalam sistem drive train yang fungsi utamanya adalah membedakan putaran roda kiri dan kanan saat berbelok agar tidak terjadi slip terhadap permukaan jalan.

Fungsi Differential

  • Memperbesar momen kendaraan
  • Merubah arah putaran mesin
  • Membedakan putaran roda kiri dan kanan saat belok

Komponen Differential

Tak lengkap rasanya jika sudah tau fungsi gardan tapi belum tau komponennya apa saja. Berikut kami sajikan rinciannya :

1. Drive Pinion

Drive pinion / pinion penggerak berfungsi untuk meneruskan putaran poros propeller guna memutar ring gear. Drive pinion juga biasa disebut dengan gigi nanas.

2. Ring Gear

Ring gear / gigi cincin berfungsi untuk meneruskan putaran dari drive pinion dan mengubah putarannya hingga 90 derajat. Selain itu juga berfungsi untuk memperbesar torsi dari drive pinion. Letak ring gear melekat dengan carrier yang dipasangkan dengan baut pengunci.

3. Pinion Gear

Pinion gear / gigi pinion berfungsi untuk membedakan putaran roda kiri dan kanan saat kendaraan belok. Saat berbelok, lintasan roda dalam (yang dibeloki) akan lebih kecil daripada roda luar. Hal ini guna menghindari terjadinya slip pada roda.

Letak pinion gear berdampingan dengan side gear didalam carrier. Tepat ditengah-tengah pinion gear ada poros penghubung yang disebut pinion shaft. Saat pinion gear berputar, maka side gear akan ikut berputar. Inilah yang membuat roda mampu bergerak lurus maupun belok menyesuaikan kondisi jalan.

4. Side Gear

Side gear / gigi samping berfungsi untuk meneruskan putaran pinion gear ke roda mobil. Letak side gear berada dalam carrier di sisi kanan dan kiri pinion gear. Side gear ini berhubungan langsung dengan axle shaft (poros roda).

5. Differential Carrier

Differential carrier / pembawa differential berfungsi untuk rumah dari pinion gear dan side gear. Adapun letak carrier tepat ditengah dari ring gear.

6. Axle Shaft Housing

Axle shaft housing / rumah poros penggerak roda berfungsi untuk melindungi seluruh komponen gardan dan as roda juga sebagai penampung oli gardan.

7. Axle Shaft

Axle shaft / poros penggerak roda berfungsi untuk meneruskan tenaga putar dari gardan ke roda-roda kendaraan. Lebih tepatnya yaitu meneruskan putaran yang dihasilkan oleh side gear untuk memutar roda.

8. Adjuster Nut

Adjuster nut / mur penyetel berfungsi untuk menyetel backlash antara gigi pinion gear dan side gear. Letak dari adjuster nut berada pada kanan dan kiri carrier tepat setelah bearing differential case. Bentuk dari adjuster ini persis mur tapi screwnya berada diluar.

9. Bearing

Bearing / bantalan berfungsi untuk memperlancar putaran komponen differential serta menghambat keausan akibat gesekan antar komponen gardan saat berputar. Sedangkan letak dari bearing pada gardan ada 3, yaitu bearing pada drive pinion gear, bearing pada differential case dekat dengan side gear, dan bearing pada axle shaft.

10. Oil Filler Plug

Oil filler plug / lubang pengisian oli berfungsi untuk menutup lubang juga sebagai tempat pengisian oli gardan. Bentuknya berupa baut dan dipasang bersamaan dengan gasket serta perlu diganti setiap pengisian ulang. Biasanya masing-masing tipe kendaraan berbeda letaknya.

Baca Juga : Akibat Oli Gardan Motor Matic Habis

11. Oil Drain Plug

Oil drain plug / lubang penguras oli berfungsi untuk menutup lubang pembuangan oli gardan. Bentuknya juga berupa baut dan terletak pada bagian bawah axle housing.

Demikian merupakan komponen utama dari differential yang bisa kami tuliskan. Semoga dengan sedikit artikel ini bisa menambah wawasan pembaca sekalian. Terima kasih telah berkunjung, salam otomotif.

Avatar

Yoyok Damay

Seorang penulis yang berbagi sedikit pengalaman hidup agar bermanfaat bagi orang lain. Pecinta Otomotif, Software, Anime, dan Ikan Hias.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Woy, Ojo Nyolong !!