Selamat pagi guys, saya mau curhat dulu ya. Beberapa hari yang lalu rem cakram motor saya rasanya seret banget, kemudian saya lihat disc brakenya ternyata terkikis. Usut punya usut akhirnya saya bongkar deh sistem rem cakram pada motor saya. Dari kejadian tersebut, saya mau berbagi sedikit pengalaman tentang penyebab rem cakram motor seret dan cara mengatasinya. Yuk simak pembahasan berikut ini.

Penyebab Rem Cakram Seret

Sebelum kita bahas lebih dalam tentang penyebab rem cakram macet, alangkah baiknya pelajari terlebih dahulu Tipe-Tipe Rem Cakram Berdasarkan Piringan Cakram dan Kalipernya Lengkap Beserta Penjelasan dan Gambarnya dengan tujuan agar bisa memahami cara perbaikannya. Karena beda kendaraan pasti beda tipe rem cakramnya, meski demikian pada prinsipnya sama aja kok.

1. Kampas Rem Habis

Setelah rem cakram saya bongkar, ternyata hasilnya seperti gambar diatas. Kampas rem habis mengakibatkan gesekan secara langsung antara plat kampas dan disc brake. Jika dibiarkan secara terus menerus, yang kalah adalah disc brakenya. Hal inilah yang menyebabkan rem cakram seret karena gesekan pengereman yang terjadi bukanlah antara kampas rem dengan disc brake, melainkan gesekannya antara plat logam dudukan kampas dan logam disc brake.

2. Pin Kaliper Macet

Yang ditunjukkan gambar diatas adalah pin kaliper, pin kaliper berfungsi untuk menggerakkan kaliper agar bisa terjadi proses pengereman dengan baik. Jika pin kaliper macet, tentunya rem cakram akan seret. Hal ini bisa terjadi karena grease pin kaliper sudah tidak berfungsi.

3. Minyak Rem Habis

Fungsi minyak rem yaitu untuk meneruskan dorongan dari tuas pengereman agar bisa mendorong piston kaliper. Dorongan dari piston kaliper akan diteruskan ke kampas rem sehingga terjadi gesekan antara kampas rem dan disc brake hingga terjadi proses pengereman kendaraan. Jika minyak rem habis, yang terjadi adalah terganggunya proses pengereman. Bahkan piston kaliper tidak segera kembali ke tempat semula akhirnya menyebabkan rem cakram macet.

Solusi Rem Cakram Seret

Cukup mudah megatasi rem cakram motor macet. Tidak perlu jauh-jauh dibawa ke bengkel sehingga bisa menghemat pengeluaran kalian. Yang penting siapkan alat dan bahan yang dibutuhkan terlebih dahulu, yaitu kunci L, kampas rem cakram, grease, dan minyak rem. Jika rem cakram seret, lakukanlah hal berikut:

  1. Lihatlah disc brake motor kalian, jika terkikis maka segeralah bongkar menggunakan kunci L yang telah kalian siapkan sebelumnya. Kemudian gantilah kampas remnya, seret itu disebabkan kampas rem cakram kalian habis.
  2. Jika disc brake tidak terkikis namun seret, cek lah pergerakan dari kalipernya. Jika kaliper tidak bisa bergerak dengan leluasa, maka berilah grease pada pin kaliper sehingga pergerakannya kembali normal. Seret pada rem cakram bisa juga disebabkan grease pin kalipernya habis atau kering.
  3. Cek kondisi minyak rem kalian, jika kondisinya kurang atau bahkan habis segeralah melakukan pengisian ulang atau cukup penambahan saja. Hal ini ditujukan agar pergerakan piston kaliper menjadi normal dan tidak macet lagi.

Demikian sedikit berbagi informasi yang bisa kami tuliskan dalam artikel kali ini. Semoga dengan sedikit tulisan ini bisa membantu menyelesaikan masalah dan menambah wawasan kalian. Terima kasih telah berkunjung, salam otomotif.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *