3 Cara Ampuh Mengatasi HP Samsung Galaxy Lemot – Bagi kamu pemilik HP android samsung galaxy, pasti pernah mengalami yang namanya tiba-tiba HP terasa lemot. Padahal waktu baru beli masih sangat lancar dan ringan banget digunakan. Kira-kira penyebab HP samsung galaxy lemot apa ya?.

Dalam artikel kali ini, saya akan membagikan 3 cara yang pernah saya lakukan untuk mengatasi HP samsung galaxy yang lemot. Waktu itu saya menggunakan HP Samsung Galaxy Neo Duos. Sinyalnya masi Edge 😊. Yuk langsung simak sedikit pengalaman saya, semoga dapat membantu permasalah yang kamu alami.

1.       Nonaktifkan aplikasi bawaan HP

Kegunaan menonaktifkan aplikasi bawaan adalah meringankan beban RAM HP kamu. Karena tidak semua aplikasi bawaan samsung galaxy kamu butuhkan. Jika tidak kamu nonaktifkan, aplikasi bawaan HP kamu pasti memakan cukup memori, apalagi kamu tambah dengan aplikasi yang kamu butuhkan setiap hari. Semisal Whatsapp, Line, dan sebagainya.

Cara menonaktifkan aplikasi bawaan samsung galaxy? Pertama, masuk menu pengaturan. Kemudian pilih manager aplikasi. Kedua, tab aplikasi bawaan samsung galaxy kamu yang tidak kamu butuhkan. Misalnya “Chat On”. Ketiga, pilih “Hapus Data”, selanjutnya “Nonaktifkan”.

Dengan demikian RAM kosong HP kamu akan bertambah, sehingga HP samsung galaxy kamu menjadi semakin enteng lagi.

2.       Matikan aplikasi yang menyala di latar belakang

Aplikasi menyala dilatar belakang juga membuat HP samsung galaxy menjadi lemot. Solusinya, silahkan setting pengaturan HP samsung galaxy kamu pada menu “Batasi Proses Latar Belakang”.

Cara membatasi latar belakang? Pertama, masuk menu pengaturan. Selanjutnya scroll kebawah, cari opsi “Pilihan Pengembang” atau “Developer Option”. Kedua, tab “Batasi Proses Latar Belakang”. Ketiga, pilih batasan latar belakang yang kamu kehendaki. Disitu ada opsi “Batas Standar”, “Tidak Ada Proses Latar Belakang”, “Paling Banyak 1 Proses”, dan seterusnya terserah kamu pilih mana. Kalau saran saya pilih yang “Tidak Ada Proses Latar Belakang”.

3.       Reset HP samsung galaxy kamu

Reset HP samsung galaxy ini merupakan tindakan untuk mengembalikan HP menjadi kondisi semula sesuai default pabrikan. Kalau sudah kembali seperti pabrikan, otomatis akan ringan kembali seperti baru.

Cara reset samsung galaxy bagaimana? Pertama, masuk menu pengaturan. Selanjutnya pilih opsi “Cadangkan dan Reset”. Kedua, kamu tinggal melakukan tab pada opsi “Reset data Pabrik”. Tunggu beberapa menit, samsung galaxy kamu sedang melakukan proses reset. Alhasil HP samsung galaxy kamu sudah seperti baru lagi.

Demikian sedikit berbagi pengalaman yang bisa saya tuliskan dalam artikel kali ini. Semoga sedikit berbagi pengalaman ini dapat membantu permasalahan kamu, selamat mencoba, semoga sukses 😊

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *